Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan tingkat higienis dalam sektor kabin tersebut, misalnya dengan melakukan treatment fogging. Proses fogging pada umumnya dikenal ampuh membunuh serangga atau nyamuk demam berdarah, tapi jenis fogging ini tentunya tidak mungkin diterapkan pada interior mobil dikarenakan mengandung zat kimia berbahaya. Ada hal menarik yang dilakukan oleh Youtuber Otomotif  Fitra Eri, bekerjasama dengan Vertue Concept, Fitra melakukan treatment fogging pada hampir seluruh mobil miliknya, hasilnya menakjubkan, ternyata hasil treatment tersebut membuktikan bakteri dan virus kadarnya berkurang signifikan. Team NMAA Media mencari tahu detail tentang fogging mobil tersebut.

Seju​​mlah komponen di bagian interior mobil biasanya menjadi tempat bersarang bakeri dan virus, sebab bagian tersebut terlibat kontak langsung dengan tubuh pengemudinya,  misalnya tangan. Menyentuh handle pintu, setir hingga kaca bagian dalam merupakan aktifitas yang seringkali kita lakukan di dalam mobil. Selain itu efek radikal bebas dengan mudah dapat terpapar pada interior kendaraan kita. Terkadang kondisi ini diperparah jika pemilik kendaraan tidak teliti dalam melakukan treatment pada bagian interior.

Alat Fogging Higienis Vertue

Fogging mobil merupakan treatment untuk meminilamisir bakteri dan virus yang menempel pada komponen seperti jok mobil, dasbor, plafon, hingga Air Conditioner (AC). Tapi, bagaimana idealnya treatment yang mesti dilakukan? Apakah ada perhatian khusus untuk pengendara sebelum mengaplikasikan fogging pada “kuda besi” kesayangannya?

Biasanya perawatan interior di sejumlah salon mobil sekadar melakukan vacuum interior. Dari sisi kebersihan hasilnya memang tidak jauh berbeda, akan tetapi fogging memiliki keunggulan untuk mereduksi jumlah bakteri yang menempel di komponen interior, terlebih jika mobil disimpan di garasi dengan waktu yang lama. Kondisi interior lembab membuat  bakteri dan virus semakin berkembang.

Treatment dilakukan untuk mengoptimalkan tingkat higienis dalam mobil. “Fogging itu sendiri tujuannya untuk menghilangkan bakteri dan virus yang menempel. Setelah proses treatment bakteri bisa tereduksi hingga 95% , sehingga mobil yang kita gunakan lebih higienis apalagi jika kita sering membawa keluarga yang kita cintai ,” ujar owner Vertue Concept Edy saat dihubungi tim NMAA Media melalui sambungan telepon.

“Kami pernah melakukan treatment untuk kendaraan baru, faktanya alat pengerjaan fogging memindai bakteri yang hinggap di mobil tersebut sebesar 85% , hal ini bisa disebabkan bakteri menempel pada proses pengiriman, akan tetapi  hal tersebut tentunya akan berbeda-beda dan tidak dapat disamaratakan” ujarnya.

Edy menyebut, perlunya treatment fogging bagi kendaraan setiap 45 hari sekali sebagai langkah preventif penyebaran bakteri dan virus. Akan tetapi, sangat disayangkan publik belum sepenuhnya memahami fungsi dari treatment fogging. “Malah banyak yang merasa khawatir karena uap yang dihasilkan dari fogging. Padahal fogging tersebut sangat aman karena semua materinya berbahan dasar air,”sebutnya.

Apabila muncul dampak negatif usai proses treatment, Edy menjamin, pemilik kendaraan akan mendapat jaminan garansi. “Karena tujuannya untuk meningkatkan sterilisasi bakteri. Kami sudah menjamin garansi bila muncul dampak setelah proses fogging selesai,”papar Edy

Proses fogging pada interior mulanya dilakukan tahap pengecekan bakteri untuk mengetahui kadar bakteri dan virus sebelum dan sesudah proses treatment. Setelah itu alat penyuplai fogging disimpan di kolong dasbor, lalu tunggu hingga fogging menjangkau seluruh bagian interior.  Selanjutnya proses final dengan membiarkan pintu mobil terbuka dengan waktu sekitar 15-20 menit sampai asap fogging benar-benar hilang perlahan.

Untuk harga fogging interior mobil tersebut Vertue Concept memberikan harga Rp.450.000, dan jika pengemudi ingin melakukan pengecekan bakteri sebelum dan sesudah treatment maka biaya tersebut ditambah Rp.150.000.

Ada baiknya kita menjaga kebersihan interior kendaraan kita, jadi enggak cuma keren tapi higienis juga guys! Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa DM ke Instagram @vertue_concept