Membangun mobil untuk kepentingan balap memang tak mudah, bahkan untuk pabrikan mobil sekali pun. Membutuhkan ketelitian soal spesifikasi yang mau dibangun, dana yang besar, SDM pilihan, bahkan sampai membuat divisi khusus. Maklum, dunia balap sampai saat ini masih jadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah brand menjual sebuah mobil. Tak terkecuali buat BMW.

Maka pada 1995 mereka pun membuat sebuah BMW E36 M3 Lightweight untuk pasar Amerika Serikat, yang sampai saat ini dianggap sebagai M3 paling spesial karena langka dan sederhana. Diproduksi untuk mendapat homologasi balap, maka tak heran kabarnya cuma 126 unit dijual.

Foto: Pinterest

Ciri khas BWW E36 M3 Lightweight bisa dilihat dari eksteriornya yang memakai warna Alpine White dengan tambahan aksen livery sticker bermotif chequered flag dalam kombinasi tiga warna. Sektor kaki-kaki juga mendapat sentuhan dengan penambahan strut bar, lower cross-brance, dan per pendek untuk menemani komponen rem berbahan ringan serta velg forged 17x(7,5+8,5) inci dalam balutan ban 235/40R17.

Foto: Pixabay

BMW E36 M3 Lightweight menggendong unit enam silinder in-line berkapasitas 3.0-liter, yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 240 hp dan 305 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual lima percepatan bersistem penggerak roda belakang (RWD).  Konfigurasi ini mampu melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam tempo 5,7 detik, sebelum menembus kecepatan tertinggi 236 km/jam.

Foto: autodesign

Di kabin terdapat dua kursi bagian depan dan kursi bagian belakang. Sejumlah panel interior terbuat dari serat karbon, sampai ke bagian door trim yang tersemat tulisan BMW Motorsport International. Jenis karpetnya juga  telah diganti dengan bahan antrasit.