RE Amemiya: Kiblatnya Modifikasi Mesin Rotary di Dunia

Pertama kali membuka workshop-nya pada 1974 di Tomisato, Chiba, Jepang, RE Amemiya langsung mengambil spesialisasi sebagai modifikator mesin rotary pertama di dunia. Isami Amemiya selaku founder yang sebelumnya dikenal sebagai pembalap jalanan dengan Mazda Savanna RX-7-nya, memang memiliki ketertarikan khusus terhadap mesin tanpa piston tersebut. Pada era ’60-70-an, langkah Mazda dengan membeli lisensi mesin rotary dan mengembangkan versinya sendiri dinilai cukup visioner buat para pecinta otomotif di Jepang, tak terkecuali Amemiya-san.

ismami amimeya re extreme

Penamaan “RE” adalah akronim dari “Rotary Engine” seperti yang dipakai divisi pengembangan khusus mesin rotari Mazda. Untuk membuktikan kepiawaian tuning rumah modifikasinya, maka Isami Amemiya mengikuti berbagai balapan dengan tentu saja memakai mesin rotari yang sudah di-upgrade kemampuannya. Sebut saja All Japan Grand Touring Car Championship (JGTC), D1GP, juga Super GT Cup.

Meski sudah sejak 1982 RE Amemiya terlibat balap (World Endurance Race), namun baru pada 1995 RE Amemiya memulai partisipasinya sebagai peserta tunggal yang memakai mesin rotary dalam balap seri Super GT memakai Mazda RX-7 3-rotor 20B di kelas GT300. Saking ikoniknya, mobil ini juga ditampilkan dalam gim Gran Turismo 4 Polyphony Digital, Gran Turismo 5, serta Gran Turismo 6.

Selanjutnya pada 2006 tim RE Amemiya berhasil menjadi juara Super GT. RE Amemiya jua terlibat dalam seri D1 Grand Prix drifting sejak 2004. Untuk tahun kedua kompetisi (2005), pembalap mereka Masao Suenaga, mencetak satu-satunya kemenangan di Fuji Speedway, tetapi berakhir sebagai runner up secara keseluruhan di Grand Prix, kalah dengan hanya satu poin ke Yasuyuki Kazama.

ameemiya car aa

Selain di balap, mobil-mobil buatan RE Amemiya sering ditampilkan pada video-video Hot Version di Jepang. Hot Version sendiri merupakan video review mobil-mobil balap buatan tuner Jepang oleh pembalap profesional. Biasanya RX-7 RE Amemiya sering dipertemukan dengan Amuse S2000, J’s Racing S2000, dan MCR R34 GT-R. Luar biasanya, RX-7 milik RE Amemiya sukses memegang gelar Touge Monster dari tahun 2004 hingga 2007 dalam Hot Version, dengan mobil berbeda-beda yang memakai mesin rotari.

Maka tak heran kalau Isami Amemiya dengan RE Amemiya dianggap sebagai salah satu tuner top di Jepang, dan menjadi salah satu barometer modifikasi mesin rotary di dunia. Bahkan media otomotif internasional menyebut Amemiya-san dengan sebutan “Rotary Guru”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles