Pabrikan manufaktur Volvo serius menggarap lini produksi mesin gahar di unit wagon. Biasanya mobil jenis ini cocok digunakan oleh keluarga untuk pergi hiburan atau melakukan road trip, seperti mudik misalnya. Secara apriori tampilan Volvo V70R lansiran 2003 memang menipu, tanpa lekukan body kit serba lancip, wing bahkan spoiler seperti tersemat di sejumlah sport car kenamaan.

Desain body yang sama sekali tidak menonjolkan karakter mobil bermesin gahar. Faktanya, tenaga yang dihasilkan oleh mobil wagon terbaik ini memang bikin para petrolhead tergiur.

Foto: autovolution

Foto: autovolution

Hal itu juga dirasa fit –in dengan gaya modifikasi sleeper yang pernah digemari hingga menjadi tren di kalangam para petrolhead. Selain ingin kuda pacunya terlihat rapi di keramaian tapi bisa melesat kencang dengan keunggulan powernya. Terlebih, dapat juga dengan modal mengimplan Force Induction (FI) seperti turbocharger atau melakukan engine swap.

Dari sejumlah diskusi saat V70R ini hadir di pasaran, sejumlah klaim yang diyakini menjadi ide awal pabrikan berlogo alchemy ini memang mempunyai trik tersendiri meningkatkan penjualan mobilnya ke pasar global. Pertama hadir di Paris Motor Show 2002, tipe R dibanderol lebih mahal dari tipe V70 biasa. Secara resmi V70 R diproduksi massal mulai 2003 di sejumlah negara Eropa.

Masuk ke interior saja, kita langsung melihat opsi tombol setelan berkendara yang tersemat di bagian dasbor. Seperti comfort, sport dan advanced. Berfungsi untuk mengatur modus kenyamanan untuk menunjang gaya berkendara.

Foto: Pinterest

Foto: Pinterest

Pada opsi comfort, dapat meningkatkan kelembutan sasis yang ideal dengan lalu lintas khas perkotaan. Sedangkan opsi lainnya seperti sport dan advanced justru membuat pengendara benar-benar mengaktifkan sejumlah fitur penunjang yang cukup signifikan dengan gaya berkendara mobil sport.

V70R dilengkapi dengan mesin turbocharged andalan Volvo. Mesin berkapasitas 2,5 liter dapat menghasilkan sebesar 300 HP dan torsi sebesar 400 nm. Dimaksimalkan dengan transmisi manual enam kecepatan bersistem penggerak All Whell Drive (AWD). Juga dapat memudahkan pemindahan gigi tanpa menginjak kopling.  Hal ini dibuktikan dengan memacu kecepatan 0-100 km/jam dalam 5,9 detik. Sedangkan kecepatan maksimal bisa mencapai 250km/jam.

Foto: autoevolution

Foto: autoevolution

Dengan kinerja mesin yang besar, Volvo memasang rem komponen rem agar lebih efisien. Yakni empat-piston aluminium Brembo rem kaliper pada cakram berukuran 330mm. Mobil ini tampak seperti kombinasi sempurna dari mobil keluarga tapi berani diajak kebut-kebutan.

V70 R kemudian kembali dikembangakan dengan menggunakan mesin 5 silinder yang tergolong langka, pun digunakan pada beberapa unit kendaraan di pabrikan berbeda 1990 silam. Komposisi 5 silinder dipadukan turbocharger 2.3 liter yang terdapat pada lini produksi Volvo 850 R edisi terbatas hanya menjual sebanyak 7000 unit secara global.