Mencegah penyebaran Pandemi Corona (Covid-19) saat ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan Social Distancing atau menjaga jarak fisik minimal satu meter untuk menghindari tubuh dari paparan droplet, bahkan untuk mencegah penularan semakin meluas. Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia melarang aktifitas berkendara lebih dari dua orang.

Hal ini juga berdampak pada kegiatan di sejumlah instansi atau perusahaan untuk Work From Home (WFH). Melihat kondisi tersebut, sejumlah car enthusiast yang biasa mengaspal atau  kopdar bersama komunitas pun tidak cenderung menerapkan hal yang sama, di tengah isolasi mandiri. Meski awalnya terbilang menyenangkan karena dapat bekerja dari rumah dan memiliki cukup banyak waktu untuk bersantai.

Tapi, ada beberapa kegiatan yang dapat menjadi opsi alternatif untuk mengisi waktu luang. Apalagi saat dilanda bosan. Diantaranya dapat menambah wawasan seputar tren modifikasi yang bikin kalian auto nyimak.

  1. Menonton Serial TV atau Konten Siaran Seputar Modifikasi Otomotif

Opsi pertama ini bisa dilakukan dengan mudah. Di era melimpahnya informasi dan mudahnya akses komunikasi saat ini, para petrolhead bisa menonton sejumlah konten modifikasi yang tersebar di beberapa platform digital dan jagat medsos. Seperti serial televisi West Coast Custom yang sudah tayang hingga musim ke-6. Bengkel modifikasi milik Ryan Friedlinghaus ini banyak menghadirkan karya modifikasi menarik, cocok untuk referensi mengembangkan konsep modifikasi mobil yang terkesan out of the box. Bersama para punggawa bengkelnya, Ryan kerap mempersolek hampir seluruh jenis mobil dari mulai sedan, hatchback, MPV sampai Jip.

Foto: West Coast Custom

Foto: West Coast Custom

Selain itu, kalian juga bisa tonton channel youtube asal Inggris, Top Gear. Lebih banyak menghadirkan konten-konten menarik dari mulai review mobil biasa sampai mobil ala sultan. Beberapa kontennya pun ada yang tidak kalah menarik, misalnya balapan di sirkuit Top Gear sampai “Top Gear ‘s Special Episode”. Uniknya konten spesial ini menampilkan kegiatan para pemandu acara berkeliling di suatu negara dengan tiga mobil bekas yang mereka beli. Acara ini dibawakan oleh Jeremy Clarkson, James May, Richard Hammond dan Stig, maskot andalan Top Gear.

Foto: Top Gear

Foto: Top Gear

  1. Merawat Mobil Modifikasi Secara Berkala

Bagi petrolhead yang sudah mengendarai mobil sebelumnya, bisa melakukan perawatan mobil dengan membersihkan eksterior mobil. Mulai dari cuci bersih seluruh permukaan bodi termasuk bagian roda dan kolong mobil. Bila debu atau kotoran dibiarkan terlalu lama menempel di bodi mobil, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body menjadi kusam. Sebelumnya pasanglah car cover mobil.

Bagian interior mobil juga patut diperhatikan tingkat kebersihannya. Gunakan lap atau penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada dipermukaan dashboard, doortrim, maupun plafon mobil. Pastikan mencuci bersih bagian karpet mobil yang kerap menjadi tempat kotoran menempel.

Foto: ridetime

Foto: ridetime

Mobil tetap disarankan menyalakan mesin setidaknya 10 menit setiap hari agar alternator bisa mengecas baterai. Waktunya bisa lebih atau kurang tergantung kondisi. Saat memanaskan mesin mobil, hindari menyalakan AC atau sistem hiburan untuk meminimalkan penarikan daya dari aki yang dapat mengurangi efektifitas proses pengisian baterai. Sesekali jalankan mobil untuk pengisian accu yang lebih maksimal. Juga dapat menjaga kondisi mesin tetap prima.

  1. Mengunjungi Museum Virtual

Petersen Automotive Museum menambah konsep tur virtual untuk membuat para pengunjung tetap berkeliling melihat koleksi mobil unik dan eksentrik. Selama satu jam, pengunjung dapat mengakses sebanyak 250 mobil populer di masanya. Untuk menambah realistis layanan tersebut, museum yang berlokasi di Los Angeles ini membolehkan pengunjung meluhat bagian mobil secara detail hingga ke wilayah engine bay.

Caranya cukup mudah, pengunjung hanya perlu mengakses situs web Petersen Automotive Museum dengan memasukan nama dan alamat email,  kemudian melakukan reservasi dengan memilih jenis dan tanggal tur. Setelah itu,  museum akan mengirim tautan ke email calon pengunjung untuk mendapatkan hari dan waktu tertentu.

psbb museummm

Kepala museum, Dana Williamson mengklaim akan menghadirkan pengalaman berbeda dari tur museum yang pernah ada. Selain disiarkan secara live, pengunjung juga dapat berkomentar dan mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab oleh staf museum. Meksipun tidak dipungut biaya, pihak museum menyarankan kamu menyumbang untuk membantu mendukung kedua program yang mereka miliki. Sumbangan bisa sangat membantu menjaga koleksi dan mendukung staf museum. Biasanya, kamu harus membayar biaya masuk sekitar Rp.260 ribu untuk dapat mengunjungi langsung museum ini.

  1. Bermain Gim Balap

Bermain  gim bertema balap mobil memang mengasyikan, terutama bertema street racing yang dilengkapi dengan challenge berhadiah setiap hari. Selain bisa merasakan sensasi mengendarai mobil balap dengan performa tinggi, kalian juga dapat memodifikasi mobil tersebut sesuai selera. Misalnya gim street racing popuer Asphalt 9: Legends. Melanjutkan dari seri gim balapan mobil sebelumnya, Asphalt 9: Legends hadir dengan tampilan real racing ciamik. Kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan indah untuk tiap arena balap yang dipilih.

Bahkan menurut beberapa review yang ada di laman pencarian Google, gim balap mobil terbaik 2020 besutan Gameloft Development ini mendapatkan respon bagus sebab suguhan grafisnya yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, bahkan Gameloft juga menambahkan kontrol baru untuk gim ini, yaitu Touch Drive untuk kecepatan mobil, mengerem, dan berbelok yang lebih sederhana.

psbb asphalt 9

Dari segi fitur yang ditampilkan, Asphalt 9: Legends juga bisa kamu mainkan untuk balapan arkade dengan menggunakan lebih dari 50 mobil yang ada. Bahkan, kamu juga bisa memodifikasi sendiri mobil yang bakal digunakan untuk tiap pertandingan.

Gim lain yang juga memiliki tema sejenis yaitu, Need for Speed No Limits. Para petrolhead atau gamers sekalipun mungkin tidak asing dengan salah satu gim balap mobil terbaik ini. Dirilis dalam dua versi sekaligus, Android dan iOS untuk memuaskan hasrat pecinta gim balapan mobil.

PSBB NFS

Electronic Arts selaku penerbit Need for Speed No Limits menawarkan pilihan mobil-mobil kelas dunia yang bisa dimainkan oleh penggunanya, seperti Ferrari, Lamborghini, Pagani, dan masih banyak lagi. Grafik yang dihadirkan pun tidak kalah menarik, terlebih karena tampilan arena sirkuitnya yang terlihat sangat nyata. Saat memulai permainan, kalian bakal mendapat unit Subaru BRZ secara gratis. Selanjutnya, untuk menyelesaikan beberapa misi berhadiah lainnya diberikan agar mendapatkan unit kendaraan kelas sport hingga hype car.

Secara gameplay, Need for Speed No Limits ini memungkinkan pemainnya untuk melakukan berbagai aksi menantang seperti melayang dan bahkan memukuli polisi sambil balapan untuk mencapai garis finish.

  1. Berkeliling Kota Tanpa Keluar mobil

Opsi terakhir ini juga bisa dilakukan, apalagi sambil menghabiskan waktu luang selama berpuasa. Tren ini mulai digandrungi sejak pemberlakuan PSBB, sejumlah komunitas mobil juga melakukan hal serupa agar bisa kopdar dengan jejaring komunitas lainnya. Seperti group yang berisikan mobil-mobil sport di Jakarta, Fitted Sunday. Mengisi kegiatan selama karantina wilayah sekarang ini, sejumlah car enthusiast menggelar program ‘Kelas Sore’ untuk menyiasati kegiatan kopdar yang tidak bisa dilakukan seperti biasanya.

“Banayak yang minat padahal,  tapi kondisi saat ini kita bikin kegiatan sesuai dengan kondisi sekarang. Apalagi jadi alternatif ngabuburit ketika bosan di rumah. Selaku inisiator kita mengimbau lagi untuk taat prosedur atau peraturan Social Distancing untuk diterapkan, jaga jarak, tidak turun dari kendaraan, bawa hand sanitizer dan memakai masker,” ujar Kiki Anugraha, salah satu Inisiator Kelas Sore.

Screenshot_20200515-145151_2

Meski tidak seramai sesi sebelumnya, kegiatan bertagar #dimobilaja diikuti sekita 25 mobil sport beragam merek. Namun tak menyurutkan animo para anggota komunitas ini untuk melakukan trip keliling kota. Idealnya hanya diikuti hingga 25 mobil saja, tapi sempat diikuti hingga 60 mobil hingga menyulitkan proses pengambilan foto selama berkegiatan.

Screenshot_20200515-145147_2

Para car enthusiast tersebut berkeliling di kawasan ibu kota, mulai dari kawasan PS, sampai ke Soeta, setelah itu bubar dilanjut berbuka puasa bersama keluarga di rumah. “Kira-kira mulai pukul 14.30 di ps dan bubar pukul 5 sore di Soeta, sekadar keliling sebentar saja lihat kondisi dan situasi jalanan biar enggak bosan #dirumahaja,” tutup Kiki.

Kegiatan ini bakal rutin diadakan selama pemberlakuan Social Distancing dan PSBB. Selain untuk melepas penat, kondisi lalu lintas Ibu Kota yang padat setiap harinya justru tidak menarik para car enthusiast mengikuti kegiatan ini.

Screenshot_20200515-145226_2

Beberapa kegiatan tersebut dapat juga dilakukan selagi bosan #dirumah aja. Asalkan tetap taat pada imbauan pemerintah untuk bersama-sama menguranggi kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia. Meski kita semua terkena  dampak Covid-19 tidak jadi alasan untuk tetap berkegiatan dan jaga kesehatan, bukan?