Novitec Rosso sangat populer di kalangan para penggemar Ferrari. Cabang workshop modifikasi dari Novitec Automobile GmbH ini terfokus pada sejumlah program tuning. Opsi tersebut membuat setiap konsumen Novitec memiliki kebanggaan dan prestise tersendiri dibanding pengguna supercar lainnya. Konsep modifikasi difokuskan untuk tampilan mobil yang lebih kalem atau mengacu pada tampilan gaya modifikasi proper car.

Program tuning yang tersedia meliputi komponen aerodinamis fungsional bermaterial serat karbon yang membedakan workshop tuner Novitec dengan tuner lainnya di strata yang sama.

Selain itu peningkatan di komponen Exhaust System, velg yang disesuaikan dengan ukuran ban, serta komponen suspensi untuk kontak maksimum dengan kontur jalan perkotaan. Program tuning tersebut termasuk dalam paket khusus meningkatkan segi tampilan, konversi mesin dengan presisi tinggi, dan handling.

Foto: Supercars.net

Foto: Supercars.net

Sedikit menggali sejarah, workshop asal Stetten yang terletak di Kota Munich-Jerman  ini berawal dari “tangan dingin” seorang Wolfgang Hagedorn. Memiliki latar belakang di dunia otomotif, Wolfgang memutuskan untuk memulai perusahaan tuningnya pada 1989. Saat itu exhaust system milik Fiat Uno jadi objek modifikasi pertama yang digarap. Tak membutuhkan  waktu lama, Wolfgang berkreasi  lebih luas untuk mengembangkan konsep khusus mobil Italia. Hingga munculah  blueprint turbo kit dan mesin kompresor yang diaplikasikan pada unit Alfa Romeo.

Memasuki pertengahan 2004, Novitec Group mulai menyematkan nama “Rosso” di karya terbaru mereka. Dengan visi yang sama, khusus untuk meningkatkan performa  supercar, pengembangan konsep diperluas dengan model tuned pertama pada unit Ferrari Modena 360 twin-Supercharger. Dari spesifikasi mesin bawaan, kinerja mesin ditingkatkan hingga dapat menghasilkan 565 dk (421 kW), meningkat secara signifikan dari bawaan standar hanya mencapai 400 dk (298 kW).

Foto: Auto Gespot

Foto: Auto Gespot

Penambahan supercharger kembar dimaksimalkan dengan perubahan injector, air filter, twin intercooler dan engine mototronics. Pada komponen Power Optimized Exhaust System berbahan stainless steel yang dilengkapi dengan flap regulation agar dapat dikondisikan dengan tingkat kebisingan tertentu.

Bagian suspensi ditawarkan dalam paket Sport dan Supersport. Paket Supersport menggunakan three-way adjustable shock absorbers. Untuk sektor pengereman melengkapi piringan cakram keramik, disertai kaliper berwarna hitam atau perak sesuai keinginan konsumen. Sistem ini membutuhkan velg 19 inci untuk mengakomodir ukuran cakram 15 inci (380 mm).

Wujud Pencapaian Novitec Rosso hingga dikenal secara luas terletak pada variasi produk dan kualitas. Dari mulai penggantian sejumlah panel eksterior menggunakan serat Carbon Fiber menggantikan panel bawaan berbahan alumunium. Bahan ini diklaim dapat meningkatkan proporsi tampang eksterior dan meningkatkan aerodinamika yang sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan secara signifikan. Panel eksterior dianggap lebih kuat dan membantu efek weight reduction lebih baik. Juga memiliki durabilitas tinggi.

Proyek Novitec Rosso kedua yaitu meningkatkan spesifikasi mesin pada unit Ferrari F430. Novitec telah merilis beberapa versi mobil dengan model 636 dk (474 ​​kW) atau model 707 dk (527 kW). Dua varian paket tersebut dapat dikonfigurasikan sesuai dengan sense of build konsumen untuk menyetel komposisi yang sesuai dengan karakter modifikasi yang diinginkan. Sejumlah objek modifikasi dilakukan pada komponen aerodinamika, ban, suspensi, dan rem. Juga pada komponen lain seperti spoiler, panel rocker, dan custom diffuser. Konsumen juga bisa melengkapi modifikasi pada wing spoiler, lampu belakang berwarna hitam dan lampu sein.

Pada Essen Motor Show 2007, Novitec Rosso meluncurkan modifikasi untuk Ferrari 599 dan mengumumkan bahwa mereka akan bekerja pada sistem supercharger untuk meningkatkan kinerja mobil dari output tenaga kuda yang sudah substansial 620 hp (462 kW), hingga mendekati 900 hp (671 kW).

Foto: motor1.com

Foto: motor1.com

Berkaca pada pabrikan supercar Ferrari yang memproduksi kapasitas jantung pacu sekitar 400 atau 500 dk menginspirasi Novitec dalam  mengembangkan perangkat bi-compressor untuk Modena 360 dan 599 GTB. Hal ini menjadi feedback bagi Ferrari, 458 Italia standar dapat menyemburkan 570 hp. Bahkan Ferrari F12 berlinetta tenaganya lebih dimaksimalkan mencapai 740 dk.

Novitec juga mengeksplorasi target pasar dan kebutuhan bisnis agar dapat memenuhi keinginan konsumen. Selain menargetkan ekspansi bisnis difokuskan di sejumlah negara Eropa dan Amerika, juga ke sejumlah negara dengan mayoritas pengguna kendaraan hi-end yang tinggi. Apalagi tren modifikasi otomotif mengalami sejumlah polarisasi yang sama dengan tren di bidang lainnya. Dalam hal ini, kondisi pasar tidak mudah diprediksikan, tetapi juga hanya dengan beberapa komponen tertentu.

Novitec-Torado-Aventador-SV-3

Program tuning Novitec banyak menyasar di komponen mesin dengan gaya avant-garde khas supercar Italia, diikuti dengan program tuning untuk sejumlah supercar hi-end seperti Torado untuk Lamborghini, Tridente untuk Maserati , SPOFEC untuk Rolls-Royce), dan divisi McLaren dengan berbagai tawaran produk-produk tuning serupa. Bahkan yang paling up to date unit kendaraan Tesla juga tersedia paket tuning terbaru, untuk Model 3, Model S dan Model X.

novitec ferrara Novitec MC Laren Novitec Rolls Royce ni

Melihat tren otomotif yang berkembang pesat diikuti polarisasi saat ini, Novitec terus bereksplorasi dengan program tuning terbarunya. Di kemudian hari, bisa saja konsumen tidak memerlukan bodykit lengkap karena ingin mempertahankan desain bawaan.  Akan tetapi dari sektor suspensi ingin ditingkatkan agar menghasilkan sistem peredam kejut lebih efektif saat berakselerasi. Sejauh ini Novitec sudah membuat beberapa objek tuning andalannya. Seperti yang diaplikasikan pada Novitec Torado Aventador dan Novitec N-LARGO. Selain itu pengembangan diterapkan pada unit Ferrari 458 Speciale untuk paket peningkatan lebih spesifik sama seperti yang sudah diterapkan pada Maserati Ghibli dan Quattroporte .