Begini Penjelasan 2 Cara Mengubah Ukuran PCD Kaki-kaki Mobil

Modifikasi velg pada mobil terlihat mudah dan sederhana, nyatanya ubahan velg harus diikuti dengan ukuran PCD atau Pitch Circle Diameter. Artinya velg tak bisa masuk ke dalam sumbu roda, karena diameter lubang baut di velg tidak sesuai dengan melekat pada mobil.

Maka salah satu opsi yang banyak dilakukan adalah dengan mengubah jarak lubang mur roda pada tromol mobil. Opsi ini tidak bisa dilakukan sendiri karena memerlukan bantuan bengkel bubut. Teknik ubahan ini bisa dilakukan dengan cara membubut teromol beserta knuckle untuk menempatkan baut pengikat roda di posisi yang tepat sesuai PCD velg. Dengan membubut teromol kekuatannya masih terjaga.

Untuk mengurangi beban yang harus ditanggung mur dan baut pengikat roda yang baru, sebaiknya selalu gunakan center ring. Center ring ditempatkan untuk mengisi celah antara center hole velg dengan hub roda sehingga beban velg ditopang oleh hub roda.

Cara lain mengubah PCD adalah dengan menggunakan adaptor. Kelebihan langkah ini adalah lebih mudah dipasang dan tak mengubah konstruksi tromol bawaan mobil kalau sewaktu-waktu kendaraan akan dijual.

Sebaliknya harus dipastikan jika adaptor yang akan dipasang dibuat secara presisi untuk mencegah getaran atau gejala roda tidak balanced yang mengurangi kenyamanan. Biasanya terasa saat mobil berjalan di kecepatan menengah.

Kekuatan adaptor terletak pada baut standar mobil, kemudian pada adaptor ditanam baut lagi sesuai dengan lubang PCD baru. Akibatnya, kerja baut standar menjadi lebih berat. Karena ada logam menjadi perantara velg dengan sumbu roda, maka membuat spesifikasi offset velg tak bisa langsung digunakan untuk menentukan patokan posisi roda.

Nah, silakan dipilih…

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles