Dongkrak Performa Mesin dan Efisiensi BBM, Kenali Perangkat Individual Throttle Body

Asupan Udara Instan, Pasang Individual Throttle Body

Perangkat throttle body berfungsi mengatur  jumlah asupan udara yang masuk ke mesin. Karena Fungsinya sangat penting, piranti yang tergolong dalam komponen air intake ini terletak diantara air filter box dan intake udara. Umumnya sejumlah kendaraan pabrikan masih menggunakan prinsip single throttle body karena lebih ekonomis dan aman terhadap proses filterisasi udara ke  mesin.

Dalam single throttle body, udara mengalir ke pleno intake manifold saat throttle dibuka. Proses ini terbilang cepat, akan tetapi untuk mengalirkan udara dan mengisi ulang membutuhkan asupan yang cukup. Satu throttle body di mobil enam silinder tentu membutuhkan waktu,  karena udara harus bergerak lebih jauh menjangkau silinder mesin.

Untuk memaksimalkan asupan udara agar lebih responsif, peningkatkan performa mesin dan bahan bakar bisa dilakukan. Mengaplikasikan Individual Throttle Bodies (ITB) kerap ditempuh untuk menyeimbangkan asupan udara ke silinder mesin. Udara mengalir langsung ke mesin melalui  throttle yang tersedia sesuai jumlah silinder.

Pengaplikasian mesin dengan ITB, meningkatkan efek tekanan atmosfer dalam  setiap silinder, jadi saat membuka throttle, udara masuk secara instan. ITB juga membantu mengurangi loss saat proses pemompaan seperti yang ditemukan pada sistem single throttle. Meskipun lebih instan, masih terdapat jeda  antara waktu udara mengalir masuk dan mengisi ruang pembakaran, lalu udara mengalir ke setiap silinder. Secara prinsip, individual tidak memerlukan vakum parsial yang dibuat oleh single throttle. Sebaliknya, mengandalkan tingginya tekanan atmosfer yang berada tepat di dekat bukaan throttle body.

IMX 2019

ITB memungkinkan untuk menghilangkan kerja sebuah intake manifold sekaligus  meningkatkan aliran udara. Udara dapat dihisap ke dalam mesin dengan lebih efisien. Setelan udara bisa dirubah sesuai keperluan. Tak kalah penting, pastikan semua body throttle bekerja serempak dengan lancar. Sehingga asupan udara yang disalurkan tiap silinder lebih efisien

ITB terdiri dari sebuah throttle body per silinder yang diaktifkan melalui sling kabel gas, dengan adanya throttle body per silinder, campuran BBM dan udara bisa masuk secara lancar ke setiap silinder. Asupan udara tidak terbagi secara merata ke setiap silinder seperi yang jamak ditemukan di single throttle body.Udara mengalir langsung ke mesin, menghasilkan throttle yang tajam dan responsif.

Foto: roadandtrack

Ubahan  sistem air intake ITB mampu meningkat  performa mesin, karena per silinder mendapatkan campuran bahan bakar/udara. Selain itu,  saat dijalankan tanpa pleno mungkin lebih rentan terhadap kotoran dan debu. Tentunya pengoperasian ITB harus dijalankan disesuaikan juga dengan mengecek sistem filtrasi.

Perlu diketahui, untuk kendaraan yang dilengkapi dengan sensor aliran udara, sistem intake diperlukan mengontrol aktifitas mekanik, seperti halnya mesin RB26DETT Nissan. Sistem intake manifold gaya pleno standar yang dilengkapi dengan Individual Throttle Body.

Adapun seperangkat piranti Individual Throttle Body cenderung dibanderol dengan harga cukup tinggi dan teknik penyetelan khusus.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles