Kaleidoskop NMAA 2020: Industri Modifikasi dan Aftermarket Bertahan di Tengah Pandemi

Tahun 2020 adalah masa terberat bagi hampir semua geliat industri, tak terkecuali modifikasi dan aftermarket. Pandemi COVID-19 tak mengenal ampun, memaksa semua segi kehidupan berubah. Hal itu pulalah yang dilakukan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA)  demi mewujudkan visi dan misi dalam membangkitkan industri otomotif dan modifikasi lokal setiap tahun. Sepanjang 2020, NMAA berusaha tetap menghadirkan program dan kegiatan reguler meski dalam format yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Beberapa opsi alternatif dalam menggelar rangkaian acara dimanfaatkan untuk terus membuat dunia modifikasi dan aftermarket tetap begairah. Terbukti, meski sempat terpuruk beberapa saat, industri modifikasi dan aftermarket saat ini tetap mampu bertahan di tengah pandemi yang tak mengenal kompromi.

Nah, berikut ini adalah kilas balik rangkuman kegiatan yang telah dilakukan NMAA sepanjang 2020:

Kick Off Indonesia Modification Expo 2020 “Indonesian Pride” – (5 Januari)

Awal 2020 NMAA melakukan kick off event Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, mengusung tema “Indonesian Pride”. Hal tersebut sejalan dengan arahan Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, untuk mendukung kebangkitan industri modifikasi dalam negeri, merujuk ke dalam tiga poin #IndonesiaBangga, #IndonesiaBisa, dan #Indonesia Mampu.

Great of Indonesia di Osaka Auto Messe – (14-16 Februari)

Kampanye Great of Indonesia di Osaka Automesse (OAM) 2020 Jepang membawa beberapa catatan untuk brand yang ambil bagian di dalamnya. Hampir semua brand mengaku senang dan mendapat pengalaman positif selama berpameran di salah satu event modifikasi terbesar di dunia tersebut.

Beberapa merek aftermarket lokal yang berpameran di OAM 2020 merupakan “wajah-wajah” baru. Di antaranya adalah Lumens Light (Bandung), Airlux Suspension (Surabaya), dan PAKO Group – velg Avantech dan Fortis (Jakarta). Sementara lainnya adalah premium car cover BitelBlack (Jakarta) dan body kit KARMA (Tangerang Selatan) yang sebelumnya sudah beberapa kali berpameran bersama Great of Indonesia di Osaka.

Trending Workshop di CarFest Pekanbaru – (14 Maret)

Trending Workshop pertama dalam rangkaian Road to IMX 2020, dilakukan bersamaan dengan kegiatan kontes modifikasi CarFest #3 di SKA Convention and Exhibition Center Pekanbaru, Sabtu (14/3). Kegiatan tersebut diisi berbagai informasi dan tren modifikasi dengan tujuan menciptakan ekosistem industri modifikasi di Indonesia.

Diikuti sekira 100  orang audiens yang terdiri dari komunitas mobil, pecinta otomotif, serta modifikator, Trending Workshop NMAA pertama jelang IMX 2020 tersebut diisi berbagai informasi dan tren modifikasi yang dibagikan oleh para creative leaders. Termasuk perwakilan Kemenperin dalam mensosialisasikan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) untuk modifikator. Hal ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Indonesia, melalui Kemenperin RI untuk industri otomotif, khususnya modifikasi yang digerakan oleh generasi milenial.

Kampanye: Otomotif Against COVID – (April 2020)

Sejumlah car enthusiast lokal membuat kampanye donasi online bertajuk: Otomotif Against COVID. Kampanye ini dilatar belakangi mewabahnya virus COVID-19 di Indonesia. Donasi ini diinisiasi oleh para pegiat otomotif Indonesia yang di antaranya Andre Mulyadi (IMX),  Garasi Drift, Kiki Anugraha (KARMA Bodykit), Akbar Rais (drifter), Motomobi TV, Erwin (ABBAN), Iman (Gearhead Monkey Garage), Pengepul Mobil, William Bakajin, INFIA, serta NMAA. Melalui laman kitabisa.com dan terkumpul Rp.77.500.149 juta

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan donasi Alat Perlindungan Diri (APD) untuk para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menghadapi COVID-19. NMAA mengajak para modifikator untuk memproduksi APD secara mandiri untuk memecahkan keterbatasan APD yang dibutuhkan.

 

NMAA dan Kemenperin Gelar Webinar Otomotif Pertama – (8 Mei)

NMAA dan Kemenperin menggelar seminar bertema sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI).  Seminar tersebut diadakan secara virtual melalui aplikasi meeting online. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan perkembangan ekosistem modifikasi lokal yang kian bergeliat. Sesi kali ini menghadirkan sejumlah panelis yang kompeten di bidangnya memaparkan sejumlah materi terkait RSKKNI.

Diikuti oleh sekira 100 orang lebih attendee  atau peserta seminar yang terdiri dari modifikator, komunitas, bengkel spesialis modifikasi serta produsen barang aftermarket dimotivasi untuk tetap beraktifitas selama pandemi.

Kontes Modifikasi Digital Brio Virtual Modification #3 – (11 Mei-31 Juli)

Kompetisi Brio Virtual Modification #3 (Brio V-Mod) diadakan di tengah kondisi pandemi, yang diinisiasi PT Honda Prospect Motor. NMAA pun membuat format acara menjadi serba virtual bertema “Racing Garage” membuat para kontestan mengerjakan karyanya selama #dirumahaja.

Foto: Ist @hondaisme

Hasilnya, modifikasi dengan aliran street race,drift,  drag, race look muncul dengan finishing rapi dan detail. Target submission pun membludak dengan 789 karya yang masuk untuk memperebutkan total hadiah total Rp60 juta.

Halal bi Halal Komunitas Nasional, Silaturahmi Virtual Terbesar di Indonesia – (6 Juni)

Didukung NMAA, dan Indonesia Community, kegiatan Halal bi Halal Komunitas Nasional menjadi silaturahmi virtual terbesar di Tanah Air. Temu muka secara daring ini dihadiri lebih dari 160 komunitas dan diisi kegiatan menarik soal modifikasi sampai kesehatan yang dibawakan narasumber kompeten di bidangnya. Kegiatan ini sekaligus menjadi salah satu ajang Road to Event IMX 2020.

Gelis Tuner Competition (17 Juli)

Kegiatan yang didorong Kemenperin bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI) – produsen kendaraan roda tiga listrik bermerek Gelis dan NMAA. Gelaran ini dihelat untuk memotivasi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tetap fleksibel terhadap perkembangan zaman. Menggunakan kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

Melibatkan tiga modifikator untuk mengembangkan/memodifikasi fungsi Gelis untuk dijurikan pada gelaran IMX 2020 bertajuk “Gelis Tuner Competition”. Ketiga modifikator tersebut adalah; Marco Chendra – workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad, Yomin Sugianto – workshop spesialis lampu  dan estetika eksterior Yoong Motor, dan Aldhy Rais – workshop spesialis velg dan lifestyle HSR.

Setelah melalui tahap penjurian, akhirnya karya modifikasi Yoong Motor Indonesia berhasil melenggang ke peringkat pertama “Gelis Eco Steamer”. Disusul oleh tim HSR Wheel dan tim Raptor Indonesia. Para dewan juri diantaranya terdiri dari perwakilan Kementerian Perhubungan, PT Solar Panel Indonesia, dan NMAA. Pemenang berhak mendapatkan Piala Menteri Perindustrian.

IMX LiveModz 2020 – (1 Agustus)

Kegiatan adu kreativitas modifikasi ala IMX diadakan kembali tahun ini, namun dengan objek mobil berbeda, yaitu Toyota Limo eks taksi. Masih melibatkan 3 YouTuber, Fitra Eri, Moto Mobi, dan Ridwan Hanif, mereka ditantang membangun mobil tersebut untuk dinilai juri pada penyelenggaraan IMX 2020. Tim juri kali ini pun spesial, karena melibatkan 2 mystery judges yaitu ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan komedian Andre Taulany.

Foto: NMAA

Ketiga YoTuber sangat serius membangun mobil modifikasinya meski dibatasi nominal. Pada akhirnya Fitra Eri dengan konsep Sultan Taxi menjadi pemenangnya, sekaligus mempertahankan gelar juara tahun sebelumnya. Konsep modifikasi Sultan Taxi mengantongi nilai lebih diantara Limo Hachiroku (Ridwan Hanif) dan Super Corsa (Moto Mobi).

Foto: IMX 2020

Pada akhirnya dua mobil penantang yang kalah dilelang kepada khalayak melalui mekanisme www.momobil.id dan pemenang lelang berhak memiliki mobil modifikasi limited edition tersebut.

IMX 2020 Theme Song – (17 Agustus)

Tiga musisi asal Kota Bandung berkolaborasi membuat IMX 2020 theme song berjudul Indonesian Pride dalam format video klip di YouTube. Diantaranya duo rapper Juggermouth (Endo, Jism), Manshur Angklung, serta DJ Henry Firstya. Menariknya kolaborasi lintas genre tersebut membuahkan musik easy listening. Dibalik komposisi  lirik dan musik yang digarap serius, para musisi bereksplorasi lebih luas. Tentunya agar berkorelasi dengan musik khas car culture di sejumlah film.

Kemenperin AMMDes Digimodz (4-28 September)

Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 membawa tema “Born to Inspire” dengan harapan bisa menjadi saluran inspirasi bagi para desainer digital dalam menuangkan konsep karya sebagai kontribusi tepat guna memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan melalui penggunaan AMMDes. Pemenang kompetisi ini diumumkan bersamaan dengan diselenggarakannya IMX 2020.

Foto: NMAA

Desain AMMDes dengan tema Sanitary Solution menjadi yang terbaik dari 5 besar kontestan. Desain karya Irvan Adi Pratama itu mengalahkan empat karya lainnya yaitu AMMDes Medical Waste Treatment Unit, AMMDes Kendaraan Taktis Kepolisian di Desa, AMMDes Bengkel Keliling, AMMDes Patroli Perbatasan Negara.

IMX 2020 Hybrid Event – (10 Oktober)

IMX 2020 digelar dengan konsep hybrid. Menunjukan IMX 2020 menjadi event otomotif pertama yang dilakukan selama pandemi, yang berupa ajang eksibisi untuk produk-produk aftermarket terbaru, karya modifikator lokal, kemunculan mobil modifikasi terbaik di Indonesia, serta adanya 33 Giveaway berupa produk aftermarekt, dan 2 Supergiveaway spektakuler berupa mobil Suzuki Ignis “Time Attack” ala Garasi Drift dan skuter listrik custom “The Survivor” buatan Katros Garage dan Alitt Susanto.

Foto: IMX 2020

IMX 2020 hybrid event dapat disaksikan khalayak dari seluruh dunia karena sifatnya yang daring, karena itu tercatat 33 ribu tiket online terjual. IMX 2020 juga menghadirkan Digital Market bakal menghadirkan experience mudahnya belanja produk aftermarket secara daring dengan program promo Special Deals terbaik yang tak ada di tempat lain.

Foto: IMX 2020

Sejumlah promo penjualan yang ditawarkan di antaranya adalah potongan harga sampai bonus produk. Program Special Deals dari para tenant #IMX2020 merupakan karya anak bangsa. Menariknya, hampir semua kebutuhan modifikasi tersedia mulai dari paket perawatan kendaraan, cover mobil, velg, paket audio, modifikasi interior, hingga air suspension.

Konten NMAA Modz Bidz #1 – (28 November)

Sajian program terbaru di kanal YouTube NMAA TV dalam memodifikasi mobil tertentu lantas dilelang. Modz Bidz menghadirkan kolaborasi dengan para modifikator lokal dalam menggarap modifikasinya. Nantinya mobil yang sudah dimodifikasi secara proper akan bisa dimiliki khalayak umum dengan mekanisme lelang dengan harga menarik.

Foto: NMAA

IMX Year End Modz Sale – (12-13 Desember)

Promo belanja online khusus brand otomotif dan modifikasi IMX Year End Modz Sale 12.12 diselenggarakan bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional. Kegiatan tersebut mampu mendorong penjualan produk aftermarket di pasaran melalui platform belanja daring Bukalapak.

Diikuti ratusan produk, konsumen dapat merasakan pengalaman belanja menyenangkan, lengkap dengan promo dan diskon produk yang tak ada di tempat lain. Selain itu ada beberapa produk baru seperti velg aftermarket DnZ Wheels misalnya batch kedua dengan colourway terbaru”Racing White”. Selain itu para tenant memberikan promo bebas ongkos kirim ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Indonesian Pride

NMAA akan terus bergerak memajukan industri modifikasi dan aftermarket Nasional.  Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) menjadi wadah bermunculannya produk-produk aftermarket baru setiap tahunnya. Setelah sukses dihadirkan dengan platform virtual, IMX 2020 mencatatkan kenaikan kunjungan sebesar 548% jika dibandingkan dengan total pengunjung gelaran IMX tahun lalu yang digelar secara offline.

Foto: IMX 2020

Hal ini membuktikan, berbagai halangan atau dalam situasi pandemi saat ini, bisa terealisasi. Terlebih, jika seluruh pemangku kepentingan saling bahu-membahu. Khusus 2020 ini KARMA Bodykit kembali dengan lineup terbarunya, KARMA Cayman untuk Porsche Cayman 987.2 yang merupakan model ketiga KARMA Bodykit yang diluncurkan secara worldwide melalui IMX.

Foto: IMX 2020

Sementara itu terdapat body kit PROJECT J yang merupakan kolaborasi Musa Tjahjono, Head of Designer dari rumah modifikasi West Coast Customs dengan seorang builder spesialis mobil-mobil JDM legendaris, Pengepul Mobil. Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Honda Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991.

Foto: Garasi Drift/

Tidak hanya itu, produk velg lokal karya Garasi Drift, DnZ Wheel berhasil memecahkan rekor penjualan sebanyak 25 set velg Dnz bertitel exclusive realease, laris dalam beberapa jam melalui Digital Market IMX. Tren positif ini disusul dengan kesuksesan DnZ Wheel pada program Year End Modz Sale, bertepatan saat momen akhir tahun. Dengan jumlah lebih banyak dari sebelumnya, sebanyak 50 set velg DnZ dengan dua colourway berbeda, OG Bronze dan Racing White ludes terjual dalam waktu 4 menit!

Raihan tersebut menjadikan DnZ sebagai fenomena baru karena satu-satunya velg lokal yang selalu ditunggu-tunggu waktu penjualannya. Bahkan mulai dilirik para kolektor, hingga harga jualnya sendiri dimainkan spekulan dengan harga lebih tinggi.

Dari semua hal yang terjadi sepanjang 2020, kami yakin dunia modifikasi dan aftermarket Tanah Air terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Di tengah gempuran pandemi, amat terlihat bagaimana industri ini bisa bertahan dengan segala penyesuaian.

Langkah tersebut tak mudah dilakukan, namun makin solidnya hubungan antara pelaku di dalamnya membuat kami yakin bahwa industri aftermarket dan modifikasi Tanah Air akan baik-baik saja. Semoga tahun baru akan memberikan harapan dan resolusi baru yang lebih baik untuk berkarya. Viva modifikasi!

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles