Demam “Motuba”, Artis ini Punya Kenangan Unik Masa Kuliah

Belakangan ini tren modifikasi “Motuba” alias Mobil Tua Bangka jamak digemari para petrolhead lintas generasi. Umumnya mobil yang masuk dalam golongan Motuba rata-rata berusia lebih dari 10 tahun, tapi eksistensinya tak lekang oleh zaman. Apalagi saat kondisi Pandemi saat ini, para modifikator banyak beraktifitas di rumah untuk menelusuri kembali tren modifikasi jadul.

Meski tidak menjamin kondisi motuba tersebut selalu prima, biasanya para pemilik tidak langsung puas terhadap koleksi atau sekedar hobi ngoprek. Selain ketersediaan spare parts terbatas, padu padanan gaya modifikasi juga digeluti.

Bukan hanya para kolektor, tapi beberapa artis berikut juga gemar menyalurkan hobi bermain Motuba.

  1. Gading Marten – Toyota Great Corolla

Di garasi rumahnya, artis yang identik dengan koleksi mobil melimpah ini sudah menyalurkan hobi otomotif sejak SMA. Selain mengoleksi kendaraan seperti Jeep Wrangler, BMW M3, Mercy S350, hingga deretan moge Harley Davidson, belakangan Gading juga mengoleksi motuba.

Salah satunya Toyota Great Corolla 1.6 SEG lansiran 1994. Pria yang akrab di ranah hiburan Tanah Air ini awalnya membeli “Greco” berkelir hitam.

Foto: Ist @gadiiing

Gading memaparkan soal mobil motuba miliknya. Ubahannya dimulai dari substitusi komponen interior seperti jok dan setir kemudi menggunakan Recaro, shift knob TRD dan velg TRD. Tampilannya OEMnya masih mengukuhkan tren 90’an. Kabarnya Gading mendapat kendaraan ini dengan kilometer rendah, sekitar 70000 saja.

Beberapa waktu lalu, Gading sempat memamerkan Civic Estilo 1994 usai ganti velg | Foto: Ist @Gadiiing

Dalam beberapa keterangan-nya, Gading mengaku Greco 1994 amat berkesan. Di masa itu, ia pernah memiliki mobil yang sama dengan tampilan kelir silver milik ayahnya, Roy Marten, oleh karena itu Greco 1994 miliknya ini menjadi obat nostalgia ke kenangan masa lalu. Tak cukup disitu, Gading juga memiliki Toyota Starlet 1990, Honda Estillo yang semua memiliki kualitas diatas rata-rata.

  1. Deddy “Desta” Mahendra – Toyota Starlet, Honda Estilo

Mengawali karir sebagai drumer Club 80’s, Desta ternyata pernah mempunyai Toyota Starlet semasa kuliah. Bedanya, dulu Toyota Starlet lansiran 1990 miliknya tidak terlalu diperhatikan. Karena Desta tipikal orang yang gemar bernostalgia, jadi alasan untuknya bermain Motuba.

Foto: Ist @desta80s

Dalam unggahan akun Youtube Desta Natasha Family, Desta menceritakan awal ketertarikan pada mobil hatchback 90’an. Di awal video dua mobil berkelir putih Toyota Starlet (1990) dan Honda Estilo (1994) berpenampilan rapi. Dua unit sedan berbodi kompak ini mengantarkan Desta dalam menggali ingatan masa mudanya.

Foto: Captured via Youtube “Desta Natasha Family”

Sekilas, ubahan modifikasi banyak menyentuh sektor interior dengan mempertahankan tampilan orisinil dengan konsep restorasi. Seperti jok fabric, setir bawaan hingga tape mekanis, semuanya dieksekusi rapi jali!

  1. Handika Pratama – Honda Civic Estilo

Artis Handika Pratama juga menjadi salah satu pelopor “bermain” Motuba di kalangan artis. Bahkan, pria yang akrab disapa Dika ini punya kenangan dengan unit kendaraan Honda Civic Estilo lansiran 1994. Apalagi saat itu kendaraan miliknya kerap disanding bandingkan dengan Honda Estilo milik Arief Muhammad karena tampilannya sangat mirip menurut para netizen karena kap mesinnya dikelir warna hitam.

Foto: Captured via Youtube: HandikaPratama20

Handika mengaku banyak mengubah eksterior, menurutnya bukan hanya menginginkan tampilan berbeda supaya tidak mirip dengan Honda Estilo kepunyaan Arief. Akan tetapi, ia baru menyadari kalau deretan velg JDM berukuran 15-16 inchi tergolong mahal dan langka. Akhirnya, Handika mulai mengatur ubahan dan budget untuk mobil hatchback ikonik Honda satu ini.

Foto: Ist @handikapratama20

Tampilan eksterior paling menonjol menggunakan velg “Tidak Pernah Salah” Rays TE 37 berukuran 15 inchi yang dapat duduk dengan fitment presisi tanpa ganjalan spacer. kelir bodi masih terlihat menyala dengan warna kuning khas mobil-mobil “JDM” Honda 1990an.

Selain Estilo, Handika juga punya koleksi kendaraan lainnya yang terparkir di garasi dari mulai Mercedes Benz SLK, 203 hingga Mini Cooper.

  1. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan – Honda Civic EF Nouva 1990

Pemeran film Dilan kini sedang menggeluti hobi baru dengan merawat Motuba. Iqbaal bahkan mencoba merawat mobilnya dengan tangan sendiri, termasuk urusan mengganti ban dan pelek beberapa waktu lalu. Dalam video yang diunggah di akun Youtube pribadinya, Iqbaal membagikan momen saat dirinya mengganti ban dan pelek mobil kesayangannya, Honda Grand Civic Nouva berwarna putih lansiran 1990.

Foto: Foto: Captured via Youtube Iqbaal Ramadhan

Iqbal hendak mengganti ban dan pelek mobilnya agar tampil lebih menarik sesuai seleranya.”Gua hari ini pengen ganti suasana. Jadi pelek ini gua pake dari sejak seminggu pertama beli mobil ini. Gua mau coba bereksperimen ganti pakai pelek white sport courage R14,” kata Iqbaal, dalam video berjudul ‘Belajar Ganti Velg Sendiri’, yang diunggah pada Jumat (25/12) lalu.

Foto: Captured via Youtube Iqbaal Ramadhan

Sebelumnya Iqbal menjelaskan jika dia sudah melihat berbagai video tutorial mengganti ban di Youtube. Ia juga mengaku sudah pernah diajari melakukan penggantian dua komponen roda mobil tersebut.Tanpa berlama-lama,ia langsung mempraktekkan cara membuka roda mobilnya.

Foto: Ist @iqbaal.e

“Akhirnya di umur 20 ini, gua bisa ganti ban, gua bisa ganti pelek. Dan kayaknya ini sesuai dengan ekspektasi gua sih. Dan look-nya jadi terlihat lebih racing,” kata artis kelahiran Surabaya itu.

Tren modifikasi Motuba merupakan tren menarik di masa pandemi ini, beberapa kalangan yang diceritakan diatas mengisi kegiatan dengan memodifikasi kendaraan antik Motuba JDM yang geliatnya akan masih akan terus terasa sepanjang tahun 2021 ini, “Kami dari pengepul senang sekali menjadi salah satu pelopor tren mobil JDM dan Retro di Indonesia.

Foto: IMX 2020

Saat ini bisa dilihat antusiasnya dari semakin banyak kalangan mencintai Retro ataupun Classic Car, kami harap dengan kecintaan kami pada mobil khas pengepul ini juga bisa membuka banyak potensi untuk industri jual beli mobil, industri aftermarket, maupun UMKM lainnya.” Jacki, dari Pengepul Mobil yang merupakan member NMAA menambahkan.

Agi Fauzi R
Agi Fauzi R
Eks penulis tunggal rubrik hiburan di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

21,792FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles