Lakukan Perawatan Preventif Guna Mencegah Plafon Cepat Rusak

NMAA News – Plafon mobil merupakan bagian jarang diperhatikan pemilik kendaraan roda empat. Bagian tersebut baru diperhatikan saat alami kerusakan. Padahal plafon terbilang bagian mobil yang kerjanya berat, karena selalu meredam panas berlebihan. Secara umum, pabrikan mobil menggunakan bahan berbeda untuk plafon.

Umumnya, pabrikan menggunakan bahan mudah dibersihkan. Bahan mobil Eropa, plafon dilapisi busa khusus peredam suara. Nah, kerusakan plafon mobil biasanya ditandai kendurnya kain plafon akibat termakan usia atau efek cuaca panas. Terutama mobil-mobil keluaran Eropa.

Kondisi tersebut terjadi karena mobil asal Benua Biru itu tak dirancang menghadapi cuaca ekstrem Indonesia. Paling lama 3 tahun plafonnya sudah mulai turun. Meski saat ini beberapa mobil Eropa yang diproduksi secara CKD di Tanah Air sudah disesuaikan spesifikasinya untuk menghadapi cuaca di sini.Karena itu perawatan plafon mobil produksi Jepang dan Eropa agak berbeda.

Plafon mobil buatan Eropa jangan dilap menggunakan kain atau lap basah, karena akan merusak busa yang ada pada plafon. Alih-alih lap plafon dengan kain bersih yang kering. Sementara untuk plafon mobil Jepang jangan disikat. Tanda plafon mobil Jepang rusak biasanya di bagian siku, kalau dipegang akan muncul bekas sentuhan jari. Nah, itu artinya tak lama lagi bakal ambles.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles