NMAA News – Pernahkah anda kehilangan fokus saat berkendara malam hari? Meski hanya beberapa detik, saat sedang fokus terhadap pandangan di depan.

Gejala ini disebut microsleep, artinya kondisi saat otak mengalami sepenuhnya tidur dan tidak sepenuhnya sadar. Walaupun terbilang sepele, dampaknya tidak main-main.

Microsleep sangat mungkin terjadi pada mereka yang mengantuk tapi menahan diri untuk tidur. Atau dalam kata lain, pengendara mengalami kelelahan sangat akut akibat kurang beristirahat. Padahal, untuk berkendara Anda harus dalam kondisi prima dan tidak boleh mengantuk.

Ketika anda mengalami microsleep saat sedang berkendara, seketika sulit berkonsentrasi. Bahkan, suara penumpang di dalam mobil atau di luar akan terdengar sayup.

Gejala ini diikuti hilangnya fokus, karena sulit mengingat kejadian 1-2 menit lalu. Selain itu, kondisi mata akan tetap terbuka namun pandangan kosong.

Kondisi tidur singkat secara tak sadar ini, dapat tiba-tiba membuat pengendara kaget ketika terbangun | Foto: Pinterest

Imbasnya, pengendara dapat hilang kendali hingga kecelakaan pun tak dapat terhindarkan. Tapi, ada beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan dengan mudah bila mengalami tanda-tanda microsleep ketika sedang berkendara.

Misalnya mendengarkan lagu dengan tempo musik yang cepat. Microsleep ini bisa timbul ketika pengendara merasa bosan, seperti di tengah kemacetan atau sedang melintas di jalanan yang lurus. Dengan mendengarkan lagu, perhatian Anda bisa teralihkan karena otak akan memproses suara yang terdengar.

Anda dapat menghindari microsleep dengan memenuhi waktu tidur yang cukup, yakni tujuh hingga sembilan jam  per hari.

Bila melakukan perjalanan jauh, pastikan waktu tidur tak kurang dari enam jam ketika malam hari. Berhenti setiap dua hingga tiga jam sekali sepanjang perjalanan supaya bisa meregangkan otot sejenak sembari beristirahat sejenak di mobil.

Setelah Anda mengetahui bahaya microsleep yang dipaparkan di atas, pastikan Anda memiliki kondisi tubuh prima sebelum berkendara. Utamakan keselamatan selalu di setiap saat.