Home 2021 Simak Etika Berkendara Saat Test Drive Mobil Baru

Simak Etika Berkendara Saat Test Drive Mobil Baru

0
Foto: the LA Auto Show

NMAA News – Sebuah unit kendaraan Mercedes-Benz AMG 43 terbaru menghantam pipa besi hingga ringsek. Kejadian yang berlangsung di Malaysia tersebut menyita perhatian para netizen di jagad sosial media, Twitter.

Bermula ketika salah seorang pria pemilik akun @My_CrimeWatch sedang merekam video ketika test drive mobil dengan kondisi jalan lengang. Terdengar suara knalpot yang cukup parau dari dalam ruang kabin, tentunya hal tersebut bisa diartikan mobil hendak berakselerasi tinggi. Tiba-tiba, Brakk! Hingga kecelakaan tak terhindarkan lagi.

Tentunya, untuk merasakan impresi langsung terhadap kendaraan yang hendak dimiliki seseorang meski menyesuaikan fitur kendaraan sesuai kebutuhan. Apalagi  Peluncuran unit kendaraan terbaru saat ini tidak hanya menyuguhkan tampilan visual dan spesifikasi kendaraan. Calon pembeli kendaraan bisa mencoba lebih dahulu unit tersebut.

Berikut poin yang mesti diperhatikan ketika sedang test drive kendaraan terbaru menurut situs resmi Mitsubishi Indonesia.

Tentukan Rute yang dilalui

Foto: Freepik

Sebelumnya, pastikan Anda untuk berbicara dengan sales person (penjual) tentang rute test drive terlebih dahulu sehingga Anda dapat merasakan pengalaman mengemudi dalam beberapa kondisi jalan dan pengoperasian berbeda. Mencoba semua kondisi jalan, dimaksudkan agar Anda bisa tahu bagaimana kemampuan mobil ini sebelum menemui kondisi yang sesungguhnya.

Jika sebagian besar perjalanan Anda berada di jalan raya, maka cobalah melakukan test drive di jalan raya. Jika Anda sering parkir di tempat yang sempit, maka Anda harus melakukannya juga. Jangan hanya mengikuti rute yang direkomendasikan oleh diler, namun cobalah rute sesuai keseharian Anda. Untuk hasil maksimal cobalah seluruh medan jalan berbeda.

Kenali Teknik Mengemudi dengan Baik 

Foto: liveabout

Hal ini merupakan langkah yang perlu diketahui calon  konsumen. Mengenali fitur dasar yang biasa terdapat pada kendaraan diyakini mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan bagi seseorang. Perhatikan detail mulai dari membuka pintu, lalu rasakan bagaimana kursinya, juga perhatikan aksesibilitasnya. Sesuaikan pengaturan kursi, fungsi lampu–lampu, spion juga setir mobil dengan preferensi agar bisa mencoba mobil benar-benar dalam kondisi yang nyaman.

Pelajari teknologi terkini di mobil

Foto: liveabout

Mobil modern sekarang ini rata-rata memiliki banyak fitur dan teknologi canggih. Ada mobil yang memiliki fitur canggih seperti sistem infotainment kemudian juga memiliki panoramic sunroof, atau yang lebih teknis lagi seperti adaptive cruise control dan lainnya. Usahakan untuk bertanya secara detil mengenai berbagai fitur terkini dan juga mencobanya sampai benar-benar mengerti fungsi dan cara menggunakannya. Agar Anda mengetahui betul kegunaan dari fitur menarik di mobil yang diincar.

Mempelajari sistem keselamatan di mobil

Foto: google sites

Keselamatan adalah prioritas utama bagi banyak pembeli mobil, dan ini menjadi nilai lebih jika mobil memiliki sistem keselamatan yang canggih. Saat test drive, bukan berarti Anda harus menguji sistem keselamatan ini. Tapi lebih baik jika Anda tahu semua fungsi dari fitur keselamatan ini. Begitu juga dengan fitur-fitur canggih yang mendukung seperti kamera mundur, blind spot monitor, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi. Usahakan mencoba segala fitur-fitur ini agar Anda tahu apakah kebutuhan Anda cocok dengan segala fitur tersebut.

Exit mobile version