Belajar dari Kasus Toyota Avanza Kena Recall di Malaysia, Simak Pemicu Kerusakan Fuel Pump di Mobil Harian

NMAA News – Toyota Avanza kena recall atau penarikan kembali untuk perbaikan masalah fuel pump atau pompa bahan bakar di Malaysia.

Dikutip dari detik.com, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia juga mendapat informasi serupa dari Toyota Motor Corporation (TMC). TAM saat ini tengah mengumpulkan data terkait model apa saja yang terkena dampak.

“Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Senin (8/3/2021) dikutip dari detik.com

Sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar di Malaysia. Bagaimana dengan model yang ada di Indonesia.

Member NMAA, menilik dari kasus tersebut sebenarnya Fuel Pump atau pompa bensin tidak memerlukan perawatan khusus. Pemicu kerusakan wajin dipahami bagi setiap pemilik kendaraan terutama mobil.

Disitat dari laman otomotifnet, Senin (8/3/2021), umumnya fuel pump tidak butuh perawatan khusus, seperti pembersihan atau pemeriksaan berkala. Tapi mengingat sekarang masa gawat akibat kualitas bahan bakar tertentu, ada baiknya tambah susah sedikit untuk merawat daripada harus ganti fuel pump baru.

Langkah prefentif yang bisa dilakukan yaitu, kuras tangki dan bersihkan fuel pump tiap 15 ribu kilometer.

Lalu jangan biarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong. Karena pada kondisi ini pendinginan pada motor pompa juga akan berkurang.

Untuk mengetahui keausan yang terjadi pada pompa bisa dilihat pada saringan bensin di fuel pump. Caranya setelah membongkar sistem fuel pump, lepas saringan dan tampung bensin yang terdapat di saringan dengan menuangnya dari sisi masuk filter . Lihat kotoran yang ada, apabila hitam menunjukkan terjadi keausan pada brush yang berbahan timah atau ada unsur logam tembaga.

Kemudian, semprot menggunakan pembersih injeksi bahan bakar yang banyak tersedia di toko onderdil. Begitupun pada bagian pelampung yang berguna sebagai indikator bahan bakar kotor.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles