Catat Nih, Ukuran Rotor Disc Ideal Sebelum Pasang Big Brake Kit

NMAA News – Rem mobil sebagai komponen deselerasi amat berpengaruh terhadap sistem keselamatan. Banyak ditemukan, kondisi rem mobil bergetar ketika diinjak, loss atau rem tidak menggigit maksimal. Untuk mengatasi kondisi tersebut, sekarang para car enthusiast cukup mengganti komponen rem menggunakan Big Brake Kit (BBK).

“Selain mampu menjangkau titik didih tinggi pada disc brake di kisaran 0-700 derajat celcius, menghasilkan cengkraman ketika mengerem lebih maksimal. Terlebih, perpindahan weight distribution yang bertumpu di bagian depan mobil ketika deselerasi,” buka punggawa Speed Z Performance, Hans Steven kepada Tim NMAA TV melalui unggahan video ModifVLOG 70, pada Selasa (9/3/2021).

Program siaran Youtube yang dipandu Host NMAA TV, Rudy Ghupta menyambangi workshop spesialis performa di bilangan Green Lake City tersebut. Menilik perkembangan BBK di kalangan car enthusiast dulu penggunaannya masih tergolong jarang, bahkan banyak yang membuat BBK secara custom.

Foto: NMAA TV

“Berbeda dengan kondisi sekarang, justru yang pesan BBK kebanyakan buat mobil harian. Motif keluhannya sama, rem kurang gigit dan faktor estetika di balik pelek mobil,” imbuh Hans.

Oleh karena itu, Hans menyuguhkan menu khusus untuk opsi pemilihan BBK di bengkel spesialis performa tersebut. Terutama BBK buatan Brembo dan Ap Racing dengan jumlah kaliper 4 pot dan 6 pot. Selain itu, termasuk kelengkapan lain seperti disc brake, selang, brake pad, center hub, adaptor turut melengkapi.

“Selama proses instalasi, fitting biasanya lebih lama sekitar 3 sampai 4 hari. Karena sekarang pelanggan pun banyak yang masih mengandalkan pelek orisinal atau model tertentu. Kita yang mengakali di ukuran spacer dan center hub supaya terpasang presisi dengan model PCD dan hub roda,” jelas Hans.

Ukuran ideal disc brake untuk BBK | Foto: NMAA TV

Komposisi pemasangan BBK biasanya di bagian depan terpasang dengan kaliper 6 pot, sedangkan di belakang 4 pot. Konfigurasi tersebut sudah mumpuni untuk meningkatkan kemampuan mengerem optimal.

Dia mengaku, permintaan BBK tidak sebanyak sekarang. Seiring waktu tren modifikasi menyentuh hal-hal yang dulu bersifat eksklusif, tak terkecuali BBK yang terpasang di mobil balap saja.

“Contohnya mobil Pajero atau Fortuner pakai pelek 20 sampai 22 inci biasanya lebih mempertimbangkan estetika. Pasang BBK lebih bonafit dari segi kualitas dan merek,” terangnya.

Foto: NMAA TV

Nah, buat member NMAA yang ingin menginstalasi seperangkat BBK di mobil harian dengan suguhan merek BBK dari Brembo dan AP Racing bisa mendatangi Speed Z Performance di Green Lake City Ruko CBD Blok L No. 7. Atau berkabar terlebih dulu melalui DM Instagram @speedzperformance.

Adapun harga BBK untuk 4 pot dibanderol Rp 20 hingga 40 juta, 6 pot seharga Rp 30 hingga Rp 50 juta, dan 6 pot hi specs seharga Rp 80 juta.

Related Articles

Stay Connected

21,848FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles