Jangan Asal Copot-Pasang, Pahami Dulu Cara Tepat Rotasi Ban Mobil

NMAA News – Rotasi ban merupakan salah satu cara merawat sekaligu menjaga usia pakai komponen yang menapak di aspal ini. Karena ban merupakan komponen yang dapat aus atau menipis seiring pemakaian karena bergesekan langsung dengan permukaan jalan.

Sebelum mengenal apa itu rotasi ban mobil, patut dipahami jika tingkat keausan permukaan ban berbeda meski keempat roda bergerak bersamaan. Misalnya, ban depan cenderung lebih cepat aus dibanding ban belakang.

Kondisi tersebut dikarenakan ban depan sering dipakai berbelok atau menapak lebih kuat bila terjadi pengereman. Karena itulah, rotasi perlu dilakukan supaya ban memiliki tingkat keausan rata di keempat roda.

Tingkat keausan rata tersebut menghasilkan performa ban untuk berkendara tetap optimal. Ban dapat menggigit aspal dan memerikan traksi cukup baik | Foto: Freepik

“Kuncinya cuma itu saja. Langkah ini dapat mengembalikan lingkar ban proporsional juga ketika mobil terparkir lama di garasi seperti kondisi pandemi sekarang ini,”ujar punggawa Autodistro Harry Deje.

Sedangkan jika umur ban sudah terbilang lama, Harry menyarankan agar segera melakukan pergantian ban. Hal ini disesuaikan karakter berkendara. Karena kondisi ban yang dianggap sudah expired  tentunya berkaitan dengan performa selama berkendara.

“Lengkapi juga dengan treatment perawatan seperti menyemir ban dan velg dengan wax berbahan silikon. Selain dapat membersihkan permukaanya juga mencegah kusam. Karena terdapat komposisi pelindung dari kotoran dan debu,”ujar Harry.

Supaya tidak salah kaprah, jadwal merotasi ban dalam pemakaian normal disarankan secara berkala setiap jarak tempuh 7 ribu km hingga 10 ribu km sekali. Namun, jika mobil sering dipakai melaju dalam kecepatan tinggi, tidak ada salahnya mempercepat masa rotasi menjadi setiap 5 ribu km.

“Tingkat keausannya untuk mobil seperti ini pasti lebih cepat dibanding mobil yang dipakai berkendara dalam kecepatan normal,”tutup punggawa Autodistro tersebut.

Teknik Merotasi Ban juga berbeda, meski terlihat mudah dilakukan, sebelumnya kita mesti mengenal sistem roda penggerak mobil terlebih dulu. Bukan asal memindah dari kiri ke kanan atau dari depan ke belakang.

Foto: car advice

Sebagai contoh teknik rotasi ban pada mobil berpenggerak roda depan dan roda belakang berbeda. Namun secara teknik, merotasi dilakukan dengan prinsip persilangan.Contohnya,

Mobil Penggerak Roda Depan:

Ban depan kanan mundur menjadi ban serep.
Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri.
Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kiri.
Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kanan.
Ban serep bisa menjadi ban belakang kiri.

Mobil Penggerak Roda Belakang:

Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri.
Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kiri.
Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kanan.
Ban depan kiri masuk menjadi ban serep.
Ban serep menjadi ban belakang kanan.

Related Articles

Stay Connected

21,806FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles