Ban Mobil Hanya Bisa Ditambal 5 Kali, Ini Alasannya

NMAA News – Banyak faktor yang membuat ban mobil bocor di jalan raya. Salah satunya karena ranjau paku atau bocor tipis pada permukaan ban. Jika sudah terjadi, biasanya langsung mencari tukang tambal ban. Lalu, adakah batas aman tambalan di permukaan ban mobil?

Walaupun tidak bisa dipastikan batas menambal ban mobil, beberapa kalangan meyakini, jumlah tambalan ban mobil maksimal hanya sebanyak lima lubang. Setelahnya, langsung diganti dengan ban baru.

 

Kondisi tersebut berpengaruh tergolong krusial karena menyangkut dengan keselamatan berkendara. Semakin banyak tambalan di permukaan ban justru semakin sering ban kurang tekanan angin. Hal Ini tentu menyulitkan pengguna kendaraan untuk menambah tekanan ban dalam waktu dekat.

Foto: Freepik

Ban menjadi cepat aus karena area tapak ban semakin melebar, tekanan juga membuat ban berpotensi meledak di perjalanan. Jika terjadi lubang di dinding ban sulit untuk ditambal. Selain itu, perhatikan jarak antara lubang yang satu dengan lubang lainnya. Jika berdekatan berpotensi untuk membuat udara keluar.

Secara teori, jika antara tambalan yang satu dengan yang lain hanya berjarak dua sentimeter, atau malah kurang, itu hitungannya sudah tidak aman. Dua sentimeter atau lebih itu batas amannya.

Related Articles

Stay Connected

21,962FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles