Catat Nih, Perawatan Berkala Power Steering Hidraulis Supaya Tetap Awet

NMAA News – Masalah yang jamak ditemui pada mobil harian dengan sistem Hidraulic Power Steering (HPS). Komponen satu ini memiliki cara kerja untuk memanfaatkan tekanan oli agar menghasilkan putaran setir enteng. Nah, biasanya banyak terjadi Kerusakan pada power steering hidraulis ini bisa terjadi seperti kebocoran pada oli di bagian rack shaft.

Salah satu pemicu kerusakan power steering biasanya  diakibatkan dari perawatan power steering seperti membiarkan karet boot bolong. Akan tetapi, kondisi tersebut justru tidak diindahkan para pengguna mobil.

Dilansir dari otoseken, Kondisi ini terjadi bergantung dengan kebiasaan memarkirkan mobil tapi dalam keadaan roda tidak lurus dan memutarkan setir sampai benar-benar mentok dalam jangka waktu yang lama bisa bikin power steering cepat rusak.

Karena, roda yang tidak lurus saat mobil diparkir dan mesin dimatikan ini membuat tekanan pada salah satu bagian. Tekanan tinggi dari oli power steering ini bisa menyebabkan bagian sil karet mudah jebol. Bila dilakukan terus menerus pasti umur power steering hidraulis tidak akan bertahan lama.

Foto: mechanical booster

Selain itu, kebiasaan memutarkan setir sampai benar-benar mentok juga bisa membuat sil cepat rusak. Di saat bersamaan, tekanan pompa power steering berada pada level yang paling tinggi sehingga bisa menyebabkan panas pada oli.

Agar semua komponen bekerja sesuai tugasnya maka dibutuhkan juga perawatan agar kondisi power steering tetap prima. Nah, perlu diketahui 2 hal wajib supaya menjaga komponen power steering tetap prima.

Pertama, lakukan penggantian rutin oli power stering maksimal 6 bulan sekali dengan cara di kuras dan ganti baru. Seiring pemakaian yang cukup lama oli di dalam kadar oli yang berperan untuk melumasi komponen power steering perlahan mengering. Bila dibiarkan akan berdampak terhadap bagian sil karet

Kedua, perhatikan kondisi karet boot power steering sebagai penutup long tie rod. Permukaan karet yang sudah sobek harus segera diganti walaupun hanya terlihat baret  kecil. #encouragetheothers

Related Articles

Stay Connected

21,794FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles