Home Review and Drive Mengenal Sistem xDrive AWD di Unit BMW M4 dan M3 Coupe

Mengenal Sistem xDrive AWD di Unit BMW M4 dan M3 Coupe

0
Foto: BMW

NMAA News – BMW M3 dan M4 generasi baru resmi mengaspal pada September tahun lalu. Ketika hadir publik dibuat heran justru dengan tampilan kidney grill besar di bagian depan. Padahal, salah satu keunggulan tipe terbaru BMW menghadirkan sistem penggerak semua roda (AWD) berbeda. Nah, lalu bagaimana sistem penggerak roda terbaru berlabel xDrive AWD tersebut?

Diketahui Label xDrive hanya akan ditawarkan pada model M3 dan M4 Competition, yang bisa meraih kecepatan 100 Km/h dalam waktu 3.4 detik. Atau tergolong lebih cepat sekitar 0.4 detik lebih cepat dari deretan mobil BMW berpenggerak roda belakang (RWD).

Foto: BMW

Sistem AWD rear-biasa menggunakan electronic multiplate clutch untuk mendistribusikan torsi di antara as roda. BMW mengatakan dalam kondisi berkendara normal, torsi diarahkan ke roda belakang. Hanya ketika selip terasa, torsi akan disalurkan ke depan.

Teknologi M xDrive dan Active M differential bekerja sama dengan traction control system untuk “memastikan respons yang lebih cepat, meningkatkan kelincahan, dan mengontrol understeer dan oversteer.”

Seperti kendaraan M xDrive BMW lainnya, M3 dan M4 xDrives akan menawarkan tiga mode untuk sistem: 4WD, 4WD Sport dan 2WD. 4WD adalah pengaturan default, 4WD Sport memberi lebih banyak tenaga ke belakang dan di 2WD semuanya pergi ke roda belakang.

Foto: BMW

Sistem tersebut juga berkontribusi dengan kemampuan berakselerasi terutama mencapai top speed mencapai 250 Km/h atau 290 Km/h dengan M Driver’s Package.

Mode terakhir ini mengharuskan traction control non aktif dan “memberi pengemudi pengalaman penggerak roda belakang murni tanpa intervensi sistem apa pun.”M3 Competition xDrive akan dijual mulai dari 77.895 USD, sementara M4 Competition xDrive memiliki harga dasar 79.795 USD.

Exit mobile version