Kenali 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

NMAA News – Member NMAA  apakah kamu pernah mengalami busi cepat mati padahal baru saja diganti? Kondisi ini bisa menjadi indikator bahwa mesin sedang bermasalah. ​​​​Sebelum melakukan perbaikan ke bengkel, ada baiknya cari tahun dulu penyebab busi mobil cepat mati. Berikut penjelasannya menurut laman auto2000.

Ruang Mesin Basah Karena Oli

Salah satu penyebab busi mobil cepat mati adalah karena ruang mesin basah oli. Oli-oli ini menutup dan menghalangi busi untuk memercikkan api dengan sempurna. Akibatnya, aliran listrik di busi menjadi terganggu bahkan bisa merusak komponen mobil lainnya seperti koil ataupun power transistornya.

Kondisi ruang mesin yang basah oli ini umumnya disebabkan oleh kondisi dinding silinder mesin yang sudah mengalami keausan sehingga ring oli tidak dapat mencegah oli masuk kedalam ruang mesin. Jika kondisi demikian, umumnya mobil akan mengeluarkan asap putih kebiru-biruan di knalpot dan akan tercium seperti oli mesin terbakar.

Jalur Pengapian Konslet

Konslet pada jalur pengapian juga dapat menjadi penyebab busi mobil cepat mati. Seperti contohnya, kabel busi yang kondisi karet pelindung luarnya sobek dan bocor akan menyebabkan arus listrik yang seharusnya masuk ke busi menjadi langsung menuju ke bodi mesin.

Kondisi-kondisi jalur pengapian yang mengalami konslet tentu akan mempengaruhi kinerja busi dan dapat dapat dengan mudah menyebabkan busi menjadi cepat mati. Oleh karena itu, pemeriksaan terhadap jalur pengapian sebelum melakukan penggantian busi bisa menjadi pertimbangan untuk dilakukan.

​​​​​​​Terlalu Banyak Bensin dalam Ruang Mesin

Jumlah bensin yang terlalu banyak didalam ruang mesin juga bisa menjadi penyebab busi mobil cepat mati. Bensin yang terlalu banyak akan membuat permukaan busi menjadi selalu basah dan sulit untuk memercikkan api.

Hal ini sering ditemui pada mesin-mesin mobil yang menggunakan karburator sebagai suplai bahan bakarnya. Meskipun begitu, mesin mobil dengan sistem EFI pun juga bisa mengalami hal yang sama. Untuk sistem EFI, umumnya karena injektor sudah mulai kotor sehingga bensin yang disemprotkan tidak lagi berbentuk kabut spray.

Itu dia beberapa penyebab busi mobil cepat mati. Lalu, bagaimana jika kerusakan pada busi mobil sudah terlanjur parah? Apabila hal ini sudah terjadi, itu artinya mobil kamu harus dibawa ke bengkel terpercaya.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles