Simak Bahaya Bermain Ponsel Saat Berkendara Walaupun Hanya 4,6 Detik

NMAA News – Mengemudi mobil adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi. Jelas pengemudi harus mengontrol jalan yang akan dilaluinya tanpa mengganggu titik fokusnya.

Isu paling berpengaruh terhadap keselamatan berkendara pun kini menjadi sorotan di beberapa negara. Karena, penyebab kecelakaan lalu lintas justru diawali dai tindakan ceroboh.

Lexus coba melakukan simulasi mendatangakan beberapa relawan untuk menguji bahaya memainkan ponsel ketika mengemudi. Pabrikan mobil mewah asal Jepang ini mengundang beberapa orang untuk test drive menggunakan NX SUV.

Jelas bukan unit biasa, karena Lexus NX kini memiliki kaca depan yang tiba-tiba bisa menjadi buram sehingga bisa mengganggu penglihatan pengemudinya. Atau disebut dengan kaca depan elektrokromatik, kaca secara otomatis jadi buram, mirip dengan pembatas antara sopir dan penumpang di Lexus LM jika ingin menjaga privasi.

Foto: Youtube Lexus

Tes ini dilakukan untuk menunjukkan betapa berbahayanya memeriksa pesan telepon Anda saat mengemudi.

Dalam sesi test drive ini, pengemudi dikejutkan dengan kaca yang tiba-tiba buram, tanpa peringatan dengan rentang waktu selama 4,6 detik. Apa alasannya? Kebanyakan orang mengira, mengecek ponsel hanya membutuhkan waktu 2-3 detik.

“Sebenarnya (saat mengecek ponsel ketika mengemudi) butuh waktu 4,6 detik,” ujar Alex Epstein, National Safety Council.

Ada banyak rintangan berupa pejalan kaki dan pengendara motor yang terbuat dari styrofoam. Dalam sesi tes yang dilakukan banyak teriakan dari pengemudi karena hilang kendali karena menabrak rintangan tersebut.

Foto: Youtube Lexus

Semua peserta tes mengatakan bahwa mereka sekarang benar-benar kapok jika memeriksa ponsel ketika mengemudi.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pengemudi yang menggunakan ponsel sambil menyetir 4 kali lipat lebih berisiko terlibat kecelakaan. Menggunakan ponsel saat mengemudi akan memperlambat reaksi pengemudi terutama reaksi pengereman dan reaksi terhadap sinyal lalu lintas.

Juga, pengemudi dengan ponsel menyulitkan kendaraan untuk tetap di jalurnya. Sering kali pengemudi yang sambil memainkan ponsel keluar jalur sehingga membahayakan pengendara lain, bahkan malah tidak memperhatikan jarak aman.

Related Articles

Stay Connected

21,962FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles