Begini Cara Pasang Dashcam di Mobil

NMAA News – Sebelum Anda memutuskan pasang dashcam di mobil perlu memperhatikan beberapa poin agar kamera bisa berfungsi optimal. Seperti yang diketahui, dashcam dapat fungsi untuk merekam segala macam kejadian di depan mobil.

Sehingga jika terjadi kejadian atau insiden saat berkendara, tangkapan video dari dashcam bisa dijadikan salah satu barang bukti yang cukup akurat. Terlebih sebuah insiden atau kejadian tertentu tidak bisa diduga-duga kapan akan terjadi.

Alih-alih dapat memaksimalkan fungsi dashcam, jangan sampai penempatan piranti tersebut malah mengganggu pandangan saat berkendara. Karena biasanya kamera satu ini terpasang di kaca depan.

Foto: NY Times

Dikutip dari laman toyota.astra.co.id, cara kerja dashcam mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV), dan didesain untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi.

Dari sejumlah produk dashcam di pasaran kini semakin bervariatif dan dilengkapi fitur melimpah. Seperti akses internet sehingga bisa mengirimkan data mobil ke laptop atau ponsel layaknya aplikasi GPS di smartphone. Ada pula dashcam yang dilengkapi mikrofon sehingga dapat mendengarkan percakapan di dalam mobil.

Ada pula dashcam yang dilengkapi fitur night vision sehingga tetap dapat merekam di kegelapan malam dengan bantuan teknologi infrared. Untuk menyimpan hasil rekaman, dashcam sudah memiliki memori built-in.

Foto: deposit photo

Adapun keunggulan menggunakan dashcam yang dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080P, 60 FPS dengan sudut pengambilan gambar sekitar 120-150 derajat. Semakin besar sudut lensa, maka kemampuan kamera semakin luas dalam menangkap obyek-obyek di sekitar mobil.

Karena sifatnya plug and pla dengan bantuan manual book, dashcam juga bisa dipasang secara mandiri. Mulanya, ikuti instruksi pemasangan di buku manual. Jangan lupa untuk setting agar hasilnya maksimal. Lalu, cobalah membuat simulasi untuk memastikannya beroperasi dengan baik dan merekam saat dibutuhkan.

Pastikan juga posisi dashcam tidak mudah jatuh, menghalangi pandangan, atau membuat area dasbor tampak kusut akibat kabel menjuntai. Rapikan juluran kabel power dan colok ke lighter sebagai sumber daya. Terakhit, usai semua proses pemasangan selesai Usahakan untuk tidak menggunakan dashcam yang dapat  mem-by-pass jalur kelistrikan mobil.

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles