Periksa 6 Komponen Mobil Ini Sebelum Berkendara

NMAA News – Agar kondisi mesin tetap prima tentunya perlu diiringi perawatan berkala. Selain itu, ketahui juga cara merawat mobil yang simpel, sebelum memutuskan untuk menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa cara merawat mobil yang bisa dilakukan secara rutin, agar performa mobil terjaga. Terutama dapat dilakukan dengan mudah juga di mana saja seperti dikutip laman Daihatsu berikut ini.

Cek Kondisi Ban

Kondisi ban sangat dipengaruhi oleh umur pemakaian. Biasanya umur pemakaian ban adalah tiga tahun. Apabila lebih dari tiga tahun maka ban sudah tidak nyaman untuk digunakan. Cara melihat umur pemakaian ban adalah dengan melihat tahun pembuatan ban. Misalnya tertulis X2016 maka artinya adalah minggu ke 20 di tahun 2016.

Foto: getty images

Usahakan juga agar tekanan angin ban juga diperiksa. Umumnya tekanan angin ban berkisar antara 28psi hingga 34 psi tergantung jenis mobil dan jenis ban. Tekanan angin ban pada tiap mobil biasanya ada di buku manual. Lakukan pengecekan kondisi ban, terutama ketika ingin bepergian jauh.

Cek Radiator

Radiator berfungsi untuk menetralisir panas pada mobil. Kekosongan air radiator akan menyebabkan overheat pada mobil yang berakibat fatal. Oleh karena itu perlu diperhatikan apakah air radiator (coolant) kurang atau tidak.

Foto: Freepik

Selain itu juga perlu diperhatikan apakah radiator bocor atau tidak. Karena radiator yang bocor otomatis akan menyebabkan air radiator berkurang dan mesin menjadi panas. Sediakan air radiator cadangan di mobil, untuk hal-hal urgent ketika di perjalanan.

Oli Mesin

Foto :Rac Guide

Penggantian oli secara berkala merupakan salah satu cara agar kondisi mesin selalu prima. Penggantian oli tiap mobil berbeda-beda, namun umumnya ketika sudah menempuh jarak 5000-10.000 km. Bisa dilihat di buku manual mobil tertulis penggantian oli setiap 10.000 km, namun apabila jalanan macet dan sebagainya mungkin kurang dari 10.000 km oli sudah harus diganti.

Saringan Filter

Foto: zhang motorsport

Saringan filter yang kotor akan menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan. Saringan filter harus dibersihkan secara rutin, sebagai bentuk perawatannya. Cara membersihkan saringan filter adalah dengan menggunakan sikat gigi bekas secara perlahan agar kotoran maupun kerak yang menempel segera hilang.

Tangki Bahan Bakar

Selanjutnya adalah pengecekan tangki bahan bakar. Jangan sampai tangki bahan bakar Anda kekeringan. Sebab dapat menimbulkan kerak pada tangki. Sebaiknya tangki bahan bakar? diisi sampai penuh. Segera lakukan pengisian kembali, sebelum indikatornya mencapai level berwarna merah. Jangan menunggu sampai tangki kosong, untuk mengisi bahan bakar kembali.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,069FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles