Akselerasi Mobil Tersendat-sendat? Kenali Sebabnya dari Gejala Kerusakan Filter Bensin

NMAA News – Mobil yang sudah mulai berumur menyentuh 5 tahun biasanya sejumlah komponen akan tergerus yang mengakibatkan performa mengalami penurunan. Ada kalanya, ketika mobil diajak berakselerasi terasa gejala seperti tersendat seakan-akan mesin mau mati.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, ada beberapa hal penyebab mobil terasa endut-endutan, salah satunya filter bahan bakar yang tersumbat oleh kotoran. Akibatnya aliran bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar tidak lancar.

Gejala lain filter bensin kotor adalah saat mobil di posisi diam putaran mesin tidak normal, terlebih jika rpm dinaikan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan disarankan segera melakukan pengecekan, karena ada sebagian mobil yang menempatkan filter bensin di dalam tangki bahan bakar.

Kotoran yang mengendap di dalam tangki bahan bakar, terutama tangki yang sudah lama tidak dikuras tentu memperparah kondisi ini. Ada baiknya untuk mengatasi filter bensin tersumbat harus dibersihkan, jika kondisinya sudah rusak sebaiknya diganti baru, agar gejala tersebut tidak kambuh lagi.

Foto: automechanic

Sejatinya tangki bahan bakar juga perlu dikuras meski bahan bakar tidak tersumbat, terlebih mobil lawas yang sudah memasuki usia lima tahun. Untuk mobil dari baru idealnya setiap jarak 20 km. Selain membersihkan kotoran yang mengendap dalam tangki, ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya senyawa baru dan mencegah korosi. Korosi biasanya terjadi karena sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong.

Udara panas di dalam tangki akan berubah menjadi embun setelah mobil tidak digunakan. Ini bisa menyebabkan reaksi kimia dan membentuk senyawa baru. Disarankan selalu gunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan, karena akan berpengaruh terhadap usia pakai filter bensin.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,503FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles