Pasang APAR di Mobil, Jenis Serbuk Kering Lebih Aman

NMAA News – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkann para pemilik mobil berbagai tipe dan jenis memasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil mereka.

Regulasi ini muncul sebagai upaya pencegahan dari potensi kebakaran di mobil. Aturan tersebut tercantum dalam dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP 972/ AJ 502/ DRJD/ 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang ditetapkan pada 18 Februari 2020 lalu.

Pemberlakuan aturan perlengkapan APAR di mobil akan dilakukan bertahap, terutama untuk mobil berusia lawas juga bisa memasang APAR secara mandiri. Apalagi sejumlah komponen yang sudah berumur dan tingkat pemuaian tidak bisa dihindari. Bukan tidak mungkin kalau potensi arus pendek listrik pada bagian kabel atau soket-soket bisa saja terjadi.

Melansir dari laman web alatpemadamkebakaran.co, Senin, (26/7/2021) menjelaskan,  APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate.

Foto: PT SIS

Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran. APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C.

APAR Jenis Dry Chemical Powder tidak disarankan untuk digunakan dalam Industri karena akan mengotori dan merusak peralatan produksi di sekitarnya. APAR Dry Chemical Powder umumnya digunakan pada mobil. APAR tipe dry chemical powder aman digunakan di mobil karena tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan yang tergolong vital.

Agi FR
Eks kontributor tunggal rubrik hiburan dan seni di salah satu Harian Umum Kota Bandung (2017-2018).

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles