Simak Cara Mudah Merawat Cat Mobil Hitam Agar Tetap Mengkilap

0
Foto: Carbuzz
- Advertisement -

NMAA News – Salah satu cara perawatan body mobil yang bisa dilakukan adalah membuat cat mobil terlihat mengkilap setiap saat.

Cat mobil warna hitam misalnya, yang merupakan favorit dari banyak orang. Namun untuk merawat kondisi mobil warna hitam agar selalu mengkilat tak semudah jika dibandingkan dengan warna lainnya.

Hal ini dikarenakan lapisan cat dan pernis nya yang lebih tipis dibandingkan warna lainnya. Sehingga perlu diperhatikan benar dalam perawatan. Namun jika anda mengetahui prosesnya yang baik dan tepat, maka akan dapat mudah anda lakukan.

Lalu bagaimana cara membuat cat mobil terlihat mengkilat? Berikut ini cara mengkilapkan cat mobil warna hitam yang mudah dilakukan.

Foto: Fountainwashhand

Sering Mencuci Mobil

Setidaknya lakukan cuci mobil seminggu sekali agar mobil terlihat lebih mengkilap dan menawan. Selain itu, akan lebih baik jika anda melakukan cuci mobil sendiri dibandingkan dengan ke tempat cuci mobil.

Sehingga anda bisa lebih jeli membersihkan setiap sela serta kotoran yang menempel di segala sudut dan celah mobil. Selain itu mencuci mobil sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluaran anda.

Selain itu perhatikan waktu mencuci mobil anda, akan lebih baik jika anda mencuci mobil di pagi hari ataupun sore hari karena kondisi cuaca yang tidak terlalu panas. Selain itu gunakan lap yang berbahan microfiber untuk mengelap body mobil hingga benar benar kering.

Foto: depositphotos

Perhatikan Teknik Mengelap

Lakukan teknik mengelap dengan gerakan yang searah. Mengapa? hal ini akan menghindari dari timbulnya baret yang ada di permukaan cat mobil.

Oleh sebab itu, dibutuhkan lap khusus yang seperti dijelaskan sebelumnya sehingga membuat kotoran dapat mudah terambil dan mudah dibuang.

Hindari Penggunaan Sabun Berbahan Deterjen

Sifat kimiawi yang ada dalam deterjen jika terus digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat lapisan cat mudah kusam, terutama bagi cat mobil berwarna hitam.

Sehingga lebih disarankan untuk anda menggunakan shampoo atau sabun dengan bahan dasar air yang saat ini tersedia banyak di pasaran.

Pastikan Mobil Benar-Benar Kering Sempurna Setelah Dicuci

Tidak seperti warna mobil lainnya, cat mobil warna hitam sangat cenderung untuk muncul seperti bintik-bintik bekas air dikarenakan permukaan body mobil yang tidak kering secara sempurna. Meskipun mobil sudah dalam kondisi yang bersih namun tetap akan muncul bintik bintik ketika anda tidak mengeringkan permukaan body mobil dengan benar.

Gunakan Cairan Pengkilap

Gunakan cairan pengkilap yang memang berkualitas dan aplikasikan pada lapisan cat mobil anda secara merata setelah bersih. Untuk bagian body yang berstruktur kulit jeruk, anda bisa menggunakan minyak agar membuat bagian tersebut menjadi mengkilap.

Cobalah Melakukan Paint Protection dan Proses Detailing

Lapisan pernis pada cat mobil warna hitam memang sangat tipis sehingga hal ini dapat membuat tampilan mobil lebih cepat kusam apalagi jika tidak dirawat dengan baik.

Sehingga pentingnya untuk melakukan paint protection dan proses detailing agar lapisan pernis tetap dalam kondisi baik dan terjaga ketebalannya.

Selain itu, proses ini juga dapat mampu menghilangkan segala baret serta swirl yang ada di permukaan body mobil. Biasanya proses ini dilakukan setidaknya 1 tahun sekali.

Gunakan Kemoceng Dengan Cara Diseka

Ketika membesihkan kotoran ataupun debu yang ada pada permukaan cat mobil dengan menggunakan kemoceng, akan lebih baik jika anda hanya perlu menyekanya saja. Jangan terlalu digunakan dengan penekanan berlebihan, cukup menyekanya saja tanpa berlebihan. Jika anda menekan secara berlebih maka hal tersebut dapat menimbulkan baret pada body mobil anda.

Pastikan Mobil Bersih Ketika Menggunakan Sarung Mobil

Jika mobil yang kondisinya masih kotor namun anda gunakan sarung, maka akan membuat debut tertimbun lebih cepat. Sehingga pilihlah jenis sarung mobil yang berbahan halus sehingga nantinya tidak akan menggores lapisan dari cat mobil anda.

Selain itu hindari menggunakan sarung mobil dalam kondisi basah dikarenakan dapat memicu timbulnya jamur yang tumbuh di permukaan mobil.

- Advertisement -