Kenali 5 Sumber Penyebab Power Window Mobil Tidak Berfungsi

NMAA News – Sejumlah mobil lansiran terbaru umumnya sudah dibekali fitur power window. Selain menunjang kepraktisan membuka-tutup kaca jendela pintu mobil, biasanya dilengkapi juga sistem keamanan dan kenyamanan.

Karena sistemnya memiliki motor DC dan window regulator untuk menjalankan fungsinya, kerap timbulkan masalah. Terlebih lagi fitur tersebut berbasis elektrikal. Beberapa pemilik mobil kerap menemui masalah yang sama, fitur power window macet tiba-tiba.

Alhasil, bukannya mendukung kepraktisan justru menimbulkan masalah. Karena itu, segera ketahui penyebabnya agar bisa melakukan perbaikan. Dilansir dari auto2000, penyebab kerusakan power window dapat dikenali melalui 5 tanda ini:

1. Rel kaca mobil kotor

Saat suara mesin mobil mendengung bisa juga ada masalah kotoran pada mesin mesin, jadi hal ini juga wajib diperhatikan dan ditemukan titik masalahnya. Rel kaca letaknya ada di bagian paling luar bodi mobil. Karena letaknya ini, maka rel kaca akan sering bersentuhan langsung dengan debu, kotoran, dan partikel halus jalanan.

Kalau sudah terkena kotoran, maka hal tersebut dapat mengganggu pergerakan rel kaca. Akan timbul bunyi mendecit saat kaca mobil dinaikturunkan. Apabila Anda mendengar bunyi ini, maka sebaiknya segera bersihkan bagian luar kaca agar tidak makin kotor. Sebab, apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca akan macet total.

2. Bagian switch macet atau rusak

Alasan berikutnya mengapa power window macet adalah switch yang rusak. Switch adalah komponen utama yang menggerakkan kaca agar bisa dinaikturunkan. Ibarat televisi, ia adalah remote control yang mengatur nyala matinya benda elektronik tersebut. Bisa dibayangkan, kan, bagaimana kerusakan pengontrol ini memengaruhi power window?

Nah, salah satu sumber masalah switch sampai bisa rusak adalah kebiasaan menaikturunkan kaca terlalu sering. Pergerakan yang terlalu cepat akan membuat switch eror dan tidak bisa digunakan. Untuk itu, sebaiknya Anda hanya menggerakkan power window saat dibutuhkan saja.

3. Motor penggeraknya aus

Kalau Anda membongkar power window mobil, maka di dalamnya akan ditemukan mesin penggerak utama berupa motor listrik kecil. Sama seperti mesin lainnya, komponen ini juga bisa aus seiring dengan usia penggunaan.

Bagian brush atau disebut juga sebagai sikat motor adalah bagian yang rawan mengalami kerusakan. Padahal, sikat ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. Kalau penggerak sudah aus dan tidak bisa dipakai, maka harus segera diganti.

4. Saklar konslet

Saklar power window adalah instalasi kelistrikan yang mendukung pergerakan kaca untuk bisa naik dan turun. Sama seperti kelistrikan di rumah, instalasi ini juga bisa konslet akibat hubungan pendek arus listrik.

Kalau sudah konslet, maka percikan api bisa membuat saklar terbakar, gosong, dan jadi tidak berfungsi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan power window tidak dapat digerakkan. Selain itu, bisa juga plastik di bagian dalam saklar mengalami aus sehingga berfungsi kurang optimal.

​​​​​​​5. Sekring putus

Sumber masalah terakhir power window macet adalah sekring korslet. Sebagai komponen penyalur dan pengatur arus listrik ke bagian-bagian di dalam mobil, kondisi sekring putus menyebabkan aliran berhenti dan komponen lain tidak mendapat suplai.

Anda bisa menandai hal ini dengan mengecek komponen kelistrikan lain di dalam mobil. Kalau ada bagian selain power window yang juga yang tidak dapat diaktifkan, maka sudah pasti terjadi sekring putus.

Lalu, adakah langkah preventif untuk menjaga fitur satu ini tetap terjaga? Diantaranya rutin memeriksa kondisi motor pada power window secara berkala.

Related Articles

Stay Connected

22,503FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles