Modifikasi Mazda RX-7 FC3S, Makin Pede jadi Mobil Drift Bermesin Rotary

NMAA News – Ketatnya aturan emisi kendaraan di Eropa berpengaruh terhadap populasi mobil bermesin konvensional. Tak heran, jika beberapa tahun ke depan mobil bermesin bakar bakal menempuh obituari atau sekadar menjadi barang koleksi. Jika dijabarkan dalam perbandingan, di antara pemilik mobil rotary di Eropa hanya 1:100. Lantaran, regulasi ketat dan ketersediaan spare part yang terbilang sulit ditemui.

Salah satu car enthusiast dalam lingkup 1 persen tersebut mungkin bisa disematkan kepada Gianluca Nacciareti, salah seorang car enthusiast asal Italia. Dirinya bangga masih memiliki RX-7 FC3S (1991) bermesin rotary, di tengah tren LS Swapped yang kerap dilakukan para pemilik generasi RX-7.

Alasan logis terhadap kondisi tersebut, opsi pertukaran mesin dilakukan karena tidak banyak yang bisa menyetel maupun restorasi ulang mesin non piston ini. Di sisi lain mesin rotary emiliki output Thermal efficiency yang relatif lebih rendah dibanding mesin 4-silinder sering ditunjuk jadi penyebab matinya mesin ini. Kondisi ini sering membuat banyak bensin yang tidak terbakar keluar dari knalpot. Selain itu harus sering memeriksa volume oli mesin.

Foto: Ist @rsproject86 / @antisocial.foto

Tapi, Gianluca tampaknya tidak memusingkan kondisi tersebut. Bahkan, beberapa car enthusiast pemilik Mazda RX-7 lainnya justru dibuat kagum dengan konfigurasi mesin rotari yang masih terpasang.

Diperkirakan tenaga dari mesin tersebut mencapai 296 hp yang dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan ke dua roda belakang (RWD). Tak puas hanya disitu, mobil tersebut juga dibangun sebagai mobil drifting.

Foto: Ist @rsproject86 / @antisocial.foto

Lihat saja sektor kaki-kaki sudah menempuh proses modifikasi supaya bisa terjun langsung ke kompetisi drifting. Aura mobil drift ala kultur Jepang dihadirkan berkat pemasangan pelek Watanabe R-Type ukuran 17×9.5 inci -20ET berbalut karet bundar Toyo Sport 235/40/R17.

Mendukung rigiditas kaki-kaki terdapat sejumlah peranti aftemarket untuk memeragakan aksi sliding, mengontrol oversteer hingga mantap bermanuver. Dari mulai strut bar depan RE Amemiya, strut bar belakang Mazda Speed, Link camber belakang Driftworks, dan Coilover HSD Monopro.

Foto: Ist @rsproject86 / @antisocial.foto

Percuma saja jika kaki-kaki sudah proper tapi belum tidak memikirkan tingkat aerodinamika. Unsur estetika dan fungsi juga dipikirkan dalam project car ini. Sekeliling tubuhnya diberi pasokan Complete Widebody Aero Kit lansiran Pandem, Rocket Bunny. Serangkaian kit tersebut dimulai dari front bumper untuk menghambat tekanan udara dari depan mobil. Dilengkapi juga front signal lights, quad headlights, quad headlight mount guna mendukung sektor visibilitas.

Beralih ke bagian samping terdapat spion RE Amemiya, empat buah overfender kekar, side skirt dan door extensions yang memberi efek misterius. Sedangkan ubahan bagian belakang dilengkapi ductail dan wing yang bertengger di atasnya dengan ukuran besar. Kesan misterius dan dramatis di unit MAzda RX-7 FC3S satu ini diwujudkan dengan opsi warna kelir bodi Midnight Purple. Mempermanis tampilannya beberapa decal sticker custom turut melengkapi bagian luar ini.

Foto: Ist @rsproject86 / @antisocial.foto

Melongok ke area interior nuansa khas mobil sport JDM masih terasa. Sejumlah part bawaan Mazda RX-7 tampak rapi dan terlihat natural. Kondisi ini diwujudkan usai menerima sentuhan restorasi supaya mampu mempertahankan kondisi seperti asli. Jadi, cukup menambah nyaman ruang kokpit supaya mampu memberikan ergonomi mengemudi semakin presisi, yakni memasang jok bucket seat lansiran Hardcore dilengkapi seatbelt 4 titik.

Sedikit menggali ingatan, saat dia membeli mobil itu, 15 tahun yang lalu, kondisinya masih terawat. Bahkan odometer mencatat hanya 33.000 mil (53.108 km). Saat ini dia merasa tugasnya cukup berat. Selain tetap konsisten dengan gaya modifikasinya, Gianluca juga jadi juru selamat bagi satu diantara sejumlah rotari di Eropa.

Related Articles

Stay Connected

22,503FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles