Catat, 5 Cara Atasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

NMAA News – Memasuki musim penghujan, pengendara mobil kerap mengeluhkan kaca kendaraannya berembun dan menghilangkan fokus pandangannya. Kondisi ini terjadi akibat suhu dan kelembaban berbeda antara bagian dalam dan luar kabin. Lantas, bagaimana cara mengatasi kaca mobil mengembun saat hujan? Simak ulasannya berikut ini

1. Aktifkan Defogger

Umumnya kaca mobil bagian belakang dilengkapi dengan defogger berupa beberapa garis kawat tipis, yang berfungsi sebagai kondensator panas. Komponen kendaraan tersebut sangat berguna terutama jika memasuki musim penghujan, karena alat tersebut mampu menangkal embun pada kaca serta membantu visibilitas pengemudi melihat belakang kendaraan lebih jelas.

Apabila pandangan di bagian belakang kendaraan mulai kabur akibat embun, silakan aktifkan tombol defogger yang dilambangkan dengan gambar tiga panah melengkung pada bagian dashboard. Cukup dengan menekan tombol tersebut, secara otomatis defogger akan membasmi embun sesuai perintah yang diberikan.

2. Memanfaatkan Tembakau

Cara mengatasi kaca mobil mengembun saat hujan lainnya yaitu menggunakan tembakau. Sebab kandungan nikotin pada tembakau, diyakini mampu menyerap air sekaligus mencegah kaca kendaraan berembun terutama ketika musim hujan tiba.

Penggunaannya sendiri cukup mudah diterapkan, karena Anda hanya perlu mengoleskan tembakau rokok Anda pada kaca secara merata. Meski penggunaannya cukup mudah diterapkan, namun diperhatikan untuk tetap berhati hati selama mengoleskannya.

Sebab tembakau pada rokok juga mengandung beberapa potongan cengkeh yang ditakutkan dapat meninggalkan goresan halus pada kaca kendaraan. Apabila meninggalkan bekas goresan di beberapa titik, maka Anda harus menggantinya.

3. Oleskan Kaca Menggunakan Shampo 

Siapa sangka jika mengoleskan kaca menggunakan shampo rambut bisa menjadi cara jitu mengatasi kaca mobil mengembun saat hujan. Sebab formula pada shampo mampu menangkal terbentuknya embun.

Cukup dengan mengoleskannya pada kaca mobil secara merata lalu lap menggunakan kain bersih, maka pembentukan embun dapat teratasi.

4. Nyalakan AC

Sesuai dengan yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa pembentukan embun pada kaca dapat terjadi ketika terjadinya perbedaan kelembaban dan suhu antara kabin dan luar ruangan.

Dengan kata lain, Anda bisa menyesuaikan suhu kedua ruangan tersebut demi mencegah terjadinya pembentukan embun. Salah satu cara jitu untuk mengakalinya yaitu menyalakan ac mobil, meski suhu di luar ruangan terasa sangat dingin.

Silakan atur suhu AC sesuai dengan suhu luar ruangan, namun jangan biarkan penumpang merasa mati rasa akibat kedinginan. Dalam kondisi tersebut, Anda bisa mengenakan jaket akan menyediakan selimut agar semua penumpang tetap nyaman.

5. Menyemprot Cairan Anti Kabut

Menyemprotkan cairan anti kabut adalah salah satu cara mengatasi kaca mobil mengembun saat hujan lebih praktis dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Cukup dengan membeli produk cairan yang mampu menangkal kabut di beberapa toko otomotif terdekat.

Semprotkan secara merata, lalu biarkan beberapa saat sebelum dibersihkan dengan lap atau kain lembut kering dari arah yang sama.

Bagi penumpang, keberadaan embun di kaca mobil bisa menjadi sarana seru untuk menuliskan pesan singkat atau mengasah kreativitasnya namun tidak dengan sang pengendara. Justru kaca yang berembun beresiko tinggi terhadap keselamatan semua penumpang, karena jarak pandang menjadi terbatas.

Related Articles

Stay Connected

22,587FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Latest Articles