Yuk, Rawat Transmisi Mobil Manual dengan Mudah

- Advertisement -

NMAA News – Jika Anda termasuk orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang untuk merawat mobil maka ada beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan sebagai perwakilan dalam perawatan transmisi manual.

1. Oli Transmisi Berkualitas Baik

Laman auto2000 menyebut untuk mempercepat serta memperhalus pengoperasian pada transmisi manual, sebaiknya pilihlah tipe oli full sintesis dengan viskositas 75-90 W.

Ciri-ciri dari pelumas itu terbilang encer serta tahan panas, dimana penyusupan oli itu ke tiap-tiap sisi di transmisi akan menjadi lebih cepat, dan dapat memberikan proteksi pada transmisi lebih maksimal.

Apabila perawatan transmisi mobil manual kurang maka dapat menyebabkan kebocoran sehingga membuat oli transmisi menjadi lebih cepat kering.

Penyebab kebocoran biasanya berasal dari baut tempat pembuangan oli yang mengalami kerusakan ataupun yang tidak rapat.

2. Penyetelan Kopling yang Sesuai

Untuk memperhalus dan mempercepat perubahan gigi pada mobil transmisi manual sebaiknya setel terlebih dahulu kopling karena jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat merenggangkan jarak pada kopling serta transmisi manual pada mobil.

Hal ini dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar serta berat saat perpindahan gigi dilakukan. Hindari meletakkan kaki di kopling saat tidak digunakan.

Agar kopling tidak cepat aus, saat gigi sudah masuk dan kendaraan sudah melaju, biasakan agar kaki tidak menyentuh pedal kopling. Cara ini efektif untuk mengurangi cepat ausnya kopling mobil.

Foto: ZF

3. Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Untuk memperpanjang umur pemakaian transmisi mobil, perawatan oli secara berkala dan teratur akan memberikan efek dan pengaruh besar pada kinerja mesin sebab keberadaa oli sangat menunjang sebagai bahan pelumas pada mesin.

Jadi, agar kondisi mesin mobil selalu tetap prima, sudah seharusnya penggantian oli mesin harus dilakukan secara berkala dan teratur.

Pastikan mengikuti prosedur standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil.

Umumnya, waktu penggantian oli pada kendaraan sangat baik dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak antara 3.000-5.000 km.

Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, dapat mengurangi friksi di sekitar transmisi mobil, serta pengoperasian gigi akan terasa halus dan mudah dipindahkan.

Faktor dalam pemilihan oli yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin juga sangat penting untuk menunjang keawetan mesin mobil.

Selain itu, pemilihan oli yang tepat juga bisa menghindari terjadinya panas yang berlebih ketika mesin mobil beroperasi.

4. Menggunakan Suku Cadang Berkualitas

Penggunaan suku cadang orisinil dapat mengurangi kerusakan lebih cepat, karena dengan produk asli artinya kualitas pun lebih terjamin karena memang sudah melewati percobaan dan kelayakan penggunaan.

Related Articles

Stay Connected

22,850FansSuka
0PengikutMengikuti
3,050PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles