Bukan Sekedar Ganti Mesin, Simak Dulu 6 Poin Penting Engine Swap bagi Pemula

- Advertisement -

NMAA News – Opsi modifikasi Engine Swap atau tukar mesin masih popular di kalangan modifikator untuk mendongkrak performa. Memiliki konfigurasi mesin atau ukuran mesin berbeda, tentunya memerlukan beberapa penyesuaian khusus pada sektor tersebut.

Lantas, apa saja yang mesti diperhatikan? Simak 6 tips yang mesti diikuti saat proses pengerjaan engine swap berikut ini:
Lakukan Riset
Kumpulkan data atau informasi sebanyak-banyaknya tentang mesin yang ingin dipasang sebelum memulai proses engine swap. Begitu pula parts konversinya untuk menghubungkan mesin baru dan transmisi. Termasuk luas ruang mesin untuk dipasang mesin baru. Selain itu, rasio kenali rasio girboks mesin bawaan dan mesin gantinya.
Temukan partner atau bengkel terpercaya 
Dalam prosesnya, engine swap memerlukan parts opsional. Meskipun sudah tersedia convertion kit di pasaran, siap-siap jika banyak kesulitan dan tantangan tak terduga. Apalagi bagi pemula, proses inilah memerlukan rencana matang mulai dari pemasangan perangkat inti hingga menyasar sistem wiring yang harus terbaca ECU.
Tentukan target tenaga mesin reallible
Bukan soal berapa tenaga yang dihasilkan, baiknya memikirkan sisi reliable dan ideal bagi obyek mesin. Karena raihan tenaga atau HP dapat berpengaruh terhadap suspensi, pengereman dan beberapa komponen lain. Terkadang lebih banyak HP justru menghasilkan bobot dan rangkaian kerumitan tak terduga. Maka, kenali berapa HP yang bisa dimanfaatkan.
Foto: Youtube Garasi Drift
Pastikan bobot mesin ideal
Seberapa berat bobot mobil berdampak pada bagaimana penanganan awal. Jika mesin pengganti berbeda dari segi bobot, atau dimensi dibanding mesin bawaan. Baiknya mengubah posisi mesin dan melakukan penyesuaian ulang.
Kumpulkan parts penunjang lain
Tidak hanya menyiapkan mesin, tapi setiap sistem mobil semisal selang, transmisi, pedal, sensor, radiator, ECU memerlukan penyesuaian ulang.
Inovatif tapi realistis

Jika ingin membangun sesuatu yang inovatif, bersiaplah untuk berkomitmen dan mesti siap menerima perubahan sesudah instalasi engine swap. Karena itu, kembali lagi ke perencanaan awal, riset dan eksekusi.

 

Related Articles

Stay Connected

22,935FansLike
0FollowersFollow
3,124FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles