Mengenal Lebih Jauh Fitur CarPlay dan Android Auto di Peugeot 3008 dan 5008 SUV

- Advertisement -

NMAA News – Fitur Apple CarPlay & Android Auto tampaknya masih jadi perbincangan hangat. Pasalnya hingga kini tidak semua kendaraan ada teknologi ini, hanya beberapa mobil mempunyai fitur ini salah satunya New Peugeot 3008 dan 5008 SUV.

Untuk New Peugeot 3008 dan 5008 SUV menggunakan layar 8 inci untuk varian Active dan layar 10 inci untuk varian Allure. Bisa dikatakan secara fungsi dan tampilan antarmuka layar tidak jauh beda. Sehingga penumpang di dalam kabin tetap terhibur, terkoneksi aman.

Apple CarPlay & Android Auto adalah fitur yang disediakan oleh apple & google. Memudahkan pengemudi berkendara secara aman dan nyaman tanpa terdistraksi telepon genggam. Sehingga tidak bermain handphone saat berkendara. Makanya aplikasi youtube atau video player tidak tersedia. Karena penyetelan video saat berkendara dianggap mengganggu konsentrasi,” jelas Fadjar Tjendikia, Finance & Marketing Dept. Head Astra Peugeot.

Lalu apa sih Apple CarPlay & Android Auto itu? Fitur unik ini dapat menampilkan tampilan HP Android dan iOS ke Head Unit, seperti Screen Mirroring yaitu menampilkan tampilan ponsel pintar ke beberapa tipe Televisi.

Baik Apple CarPlay atau Android Auto fiturnya hampir sama. Bedanya Android Auto khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan Apple CarPlay khusus untuk ponsel iOS yaitu iPhone dan iPad. Hanya saja sistem operasi mendukung perangkat Android atau iOS minimal harus keluaran terbaru.

Skema kerja Apple CarPlay & Android Auto sangat sederhana. Apalagi untuk mengaktifkan hanya perlu menghubungkan kabel USB orisinal iPhone atau Android. Umumnya, Secara otomatis fitur sudah bisa dinikmati pada layar screen.

Jika pada screen menampilkan pesan “not compatible” maka perlu mendownload aplikasi Android Auto pada Play Store. Meskipun proses transfer menu saat akan mengaktifkan pada head unit harus dilakukan pada layar monitor.

Saat head unit terkoneksi, hanya beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Seperti telepon, musik, peta navigasi, pesan, dan musik. Menariknya, saat melakukan panggilan telepon atau membacakan pesan yang masuk, terasa optimal digunakan ketika sedang berkendara. Melalui perintah suara guna membantu pengoperasian panggilan telepon,” tambahnya.

Adapun untuk aplikasi unduhan yang kompatibel dengan fitur ini adalah Spotify, Podcasts, Beats Radio, iHeartRadio dan Stitcher. Jadi, tidak sulit mengaktifkan Apple CarPlay & Android Auto di Peugeot 3008 dan 5008 SUV.

Octo Budhiartohttp://nmaa.co.id
Berkecimpung di industri media otomotif nasional sejak September 1994. Telah menulis puluhan ribu artikel tentang fenomena dan tren dunia otomotif nasional maupun internasional. Aktif di berbagai komunitas otomotif dan punya kesukaan akan restorasi, modifikasi, teknologi, serta test drive mobil-motor terbaru.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles