Tips Pasang Stiker Mobil? Pahami Dulu Plus Minus Hingga Cara Perawatannya

- Advertisement -

NMAA News – Memberi sisipan decal sticker atau wrapping kerap diandalkan para car enthusiast untuk mendongkrak tampilan mobil. Cara ini terbilang mudah diaplikasikan tanpa memerlukan banyak rombakan atau pengerjaan yang cenderung lama.

Perlu dipahami, memasang stiker di mobil tidak sembarangan. Setelah menentukan pola atau warna stiker, memasang di bagian eksterior, tentunya mesti lakukan perawatan stiker agar tetap awet menempel dan tidak memudar.

Bisa merancang desain secara custom atau memiliki referensi tersendiri dari project modifikasi populer. Mulai dari pemasangan sebagian bodi saja, misalnya sekedar body stripping, body decal, cutting sticker, sampai body wrapping.

Beda Perawatan

Foto: Ist

Biasanya jenis stiker mempengaruhi cara perawatan. Khusus Sticker doff sebaiknya dicuci menggunakan sabun dengan ph balance, lalu bilas dengan air mengalir, untuk dilanjut menyeka permukaan stiker menggunakan lap kanebo atau micro fiber. Sticker dengan warna doff tidak dianjurkan melakukan pembersihan dengan wax. Karena dapat membuat warna stiker berubah dan bisa terangkat oleh pasta wax tersebut.

Foto: Ist

Perawatan berbeda dilakukan untuk warna glossy, setelah terkena air hujan atau kotoran biasakan langsung dicuci, dan dilap hingga kering. Jenis stiker ini dapat dilapis menggunakan cairan maupun pasta wax supaya lebih mengkilap. Namun, penggunaan compound tidak dianjurkan.

Foto: Ist

Tidak jauh dengan warna glossy, perawatan sticker krom dianjurkan mencuci bagian permukaan stiker terlebih dulu, keringkan dan balurkan cairan maupun pasta wax secara merata. Tapi, jenis sticker ini lebih baik tidak terlalu sering terpapar matahari langsung. Karena itu, lebih baik parkir mobil di lokasi indoor.

Jangan Disemprot Air Tekanan Tinggi

Foto: Pixabay

Perhatikan kembali teknik pencucian mobil. Karena tiga jenis stiker tersebut disarankan untuk tidak terpapar semprotan air tekanan tinggi. Bagian bodi seperti pintu, kap mesin, atap dan bagian lain memang bisa disemprot dengan air dari kompresor.
Tapi, bagian sudut sempit seperti sela-sela pintu, bumper, atau area tertentu yang membuat lem stiker tidak terlalu lengket justru membuat stiker terkelupas.

Lokasi Parkir

Foto: Pixabay

Poin ketiga ini bisa dibilang cukup penting, karena paparan sinar matahari langsung dapat membuat permukaan sticker kusam. Menjaganya dari terik lebih baik dilakukan supaya permukaan stiker tetap awet dan tahan lama. Karena itu, usahakan parkir di tempat tertutup atau tempat parkir indoor.

Untuk penggunaan stiker jenis doff, glossy maupun krom biasanya dapat bertahan hingga 2 sampai 3 tahun pemakaian. Meski saat ini tiap produsen stiker menjanjikan 5 tahun tingkat ketahanan warna maupun material, hingga memiliki fitur UV Protection. Penggunaan stiker tetap memiliki plus minus saat digunakan di mobil harian dalam jangka waktu lama.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,311PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles