Kenali Jenis Pembersih Mesin Mobil Serta Plus Minusnya

- Advertisement -

NMAA News – Selama ini banyak pengemudi yang hanya merawat dan memperhatikan kebersihan mobil dari luar maupun interior saja. Padahal kebersihan mesin mobil juga perlu diperhatikan, selain untuk menunjang kinerja mesin mobil itu sendiri, hal ini juga untuk menjaga agar mesin mobil terus awet dan tahan lama karena bebas dari kerak maupun karat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan mesin mobil, salah satunya yaitu menggunakan cairan pembersih khusus. Perlu diketahui, jenis cairan pembersih yang tepat dapat membuat komponen mesin mobil tetap prima. Sebelumnya, kenali dulu beberapa cairan pembersih mesin mobil berdasar jenis dan fungsinya seperti dikutip laman Daihatsu.

1. Engine Conditioner

Cairan berbahan solvent dalam bentuk foam atau busa ini berfungsi untuk membersihkan ruang bakar dengan cara disemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi (busi dilepas). Saat membersihkan sebaiknya suhu mesin dalam kondisi hangat dan kotoran, karena dengan suhu mesin hangat akan cepat membantu cairan menguap, selain itu pada saat panas, kerak karbon akan lebih mudah larut. Kotoran yang mengandung kerak dan karbon nantinya yang menempel di kepala piston dan valve nantinya akan terkikis dan dibuang melalui knalpot.

2. Engine Degreaser

Cairan ini juga berbahan solvent, hanya teksturnya lebih keras. Hal tersebut dikarenakan tugas cairan ini adalah membersihkan kotoran atau daki di luar mesin. Kemasannya juga sama dengan engine conditioner, yaitu dalam tabung aerosol. Formulasi unik dari engine degreaser ini akan mengikat dan melarutkan kotoran yang membandel. Cara penggunaan pembersih ini adalah dengan disemprot dibagian yang kotor pada saat mesin masih berada dalam kondisi hangat, setelah itu bilas dengan air dengan menggunakan selang.

3. Engine Flush

Engine flush adalah deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran di dalam karter mesin dan jalur oli. Cara penggunaan cairan pembersih adalah dengan memasukkan cairan ke dalam mesin melalui lubang oli dan menghidupkan mesin selama 15 menit. Setelah itu, buang cairan melalui pembuangan oli. Dengan kandungan pembersih yang kuat, engine flush juga mampu membantu membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,379PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles