Berkendara Sampai Mesin Overheat? Lakukan Segera langkah Ini

- Advertisement -

NMAA News – Ketika berkendara, mesin mobil sudah tentu panas. Itu sangat wajar. Namun, bagaimana pun panas pada mesin mobil ada batasnya. Bila mesin terlalu panas, komponen logam dalam mesin bisa mengalami deformasi, misalnya engine head yang melenting yang kemudian rusak.

Kondisi tersebut merupakan salah satu akibat ketika temperatur mesin terlalu panas atau dikenal overheat. Lantas, apa hal yang perlu dilakukan ketika jarum temperatur mesin mulai naik melebihi batas normal? Simak 3 langkah yang mesti dilakukan menurut Hyundai da;am penjelasan berikut ini.

1. Menepi dan Matikan Mesin

Bila mesin sudah mulai terlalu panas, matikan AC untuk mengurangi panas mesin. Lalu menepilah dengan aman di tempat yang aman dan matikan mesin.

Satu-satunya cara mengatasi overheat pada hampir semua situasi adalah dengan mematikan mesin dan membiarkan mesin dingin dengan sendirinya.

Dengan matinya mesin, perlahan suhu panas akan turun. Lakukan hal ini agar keselamatan Anda tetap terjaga.

2. Cek Kondisi Mesin

Bila sudah menepi, ada baiknya mengecek kondisi mobil. Berhati-hatilah saat membuka kap mesin.

Namun, jangan panik dulu, tutup radiator bila kondisinya baik, tidak akan terbuka dengan sendirinya sehingga tidak akan melukai Anda dengan air panasnya.

Cek apakah ada kebocoran? Apakah seluruh kipas mesin menyala? Atau mungkin ada sabuk mesin yang putus sehingga water pump tidak menyala?

3. Derek atau Lanjut Jalan

Jika tidak ada masalah dan mesin bisa menyala ketika suhu sudah turun, maka Anda bisa lanjut jalan, namun dengan berhati-hati dan pantaulah jarum temperatur mesin.

Bila mesin langsung kembali panas dengan sangat cepat, maka ada baiknya menggunakan jasa derek untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Selain itu, bisa juga menyiram radiator dengan air untuk membantu mengurangi suhunya. Namun hal ini kembali harus melihat situasi dan kondisi karena bisa saja sistem pendingin mengalami malfungsi. Karena pada kondisi normal, mobil tidak seharusnya mengalami overheat. Jangan lupa, selalu cek kendaraan Anda. Lakukan servis berkala agar mobil Anda tetap dalam performa terbaik saat digunakan. Utamakan keselamatan.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,432PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles