Pahami Pengaruh Suhu dan Iklim Terhadap Performa Mesin Mobil

- Advertisement -

NMAA News – Bagi para pengguna mobil harian pasti merasakan perbedaan performa pada kendaraan ketika musim kemarau ataupun musim penghujan. Sebab, bisa saja performa kendaraan menurun ketika musim panas, sebaliknya jika musim hujan performa kendaraan bisa menjadi lebih baik.

Kondisi tersebut memang wajar terjadi. Lantaran suhu dan iklim memberikan pengaruh terhadap performa mesin kendaraan dalam skala kecil maupun besar. Dibalik itu, ada sebuah fakta yang dapat mempengaruhinya.

Suhu Lebih Tinggi

Pengaruh perubahan musim yang pertama adalah suhu mesin mobil anda menjadi lebih tinggi. Suhu yang tinggi dan disertai dengan pemakaian mobil secara berlebihan ternyata dapat mempengaruhi performa mesin kendaraan anda. Umumnya mesin mobil memang di design agar mampu bertahan pada suhu yang tinggi, namun ketahanan ini tentu saja ada batasnya.

Jika panas, suhu pada mesin dapat melampaui batas yang ditentukan atau standar yang ditentukan, maka kerusakan yang terjadi akibat overheating kemungkinan bisa saja terjadi. Suhu tinggi ini umumnya terjadi pada saat musim kemarau yang panjang.

Suhu Lebih Rendah

Pengaruh perubahan musim pada mobil anda yang kedua adalah suhu mesin menjadi lebih rendah. Pada saat suhu lebih rendah atau lebih dingin, udara memiliki molekul yang lebih padat, sehingga udara membawa lebih banyak oksigen, dibandingkan dengan saat udara lebih panas.

Semakin banyak oksigen yang masuk kedalam silinder mesin, maka semakin banyak pula bahan bakar yang bisa diproses untuk dijadikan sebagai energi. Namun hal ini dapat mengakibatkan pemakaian bensin yang terlalu banyak atau mobil menjadi lebih boros bbm. Suhu rendah seperti ini biasanya terjadi pada saat musim hujan.

Suhu Berpengaruh Terhadap Aki Mobil

Yang ketiga, umumnya suhu juga mempengaruhi kinerja aki mobil anda. Pada suhu yang tinggi (musim kemarau), biasanya aktivitas kimiawi dapat terjadi lebih cepat dan dapat menyebabakan korosi lebih banyak pada sel baterai, sehingga jangka hidup aki mobil akan lebih pendek jika dibandingkan dengan pada saat musim hujan. Tentunya performa aki ini akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap performa mesin kendaraan.

Suhu Berpengaruh Terhadap Oli Mobil Anda

Poin terakhir adalah suhu berpengaruh terhadap oli mobil anda. Oli yang tidak di design khusus untuk digunakan di negara tropis dapat menjadi penyebab penurunan performa pada kendaraan anda.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles