Pakai Mobil Diesel Turbo? Jangan Langsung Matikan Mesin Setelah Dipakai

- Advertisement -

NMAA News – Mobil diesel turbo jangan langsung dimatikan.

Berbeda dengan mobil bermesin bensin, ketika mobil sudah berhenti dan menetapkan posisi parkir biasanya langsung dimatikan. Akan tetapi cara tersebut tidak berlaku di mobil bermesin diesel.

Perlakuan khusus untuk mobil jenis diesel setelah mobil selesai dipakai disarankan untuk menunggu putaran mesin dalam rpm rendah atau posisi idle. Kondisi ini memang wajar terjadi, apalagi mobil bermesin diesel juga bahkan tidak perlu mematikan mesin saat mengisi bahan bakar. Kenapa bisa terjadi?

Sedikit mengulas sistem kerjanya, mobil diesel turbo memiliki pompa oli yang digerakkan oleh mesin. Saat mesin berputar di kecepatan tinggi, tentunya sistem pelumasan oli juga akan berhenti.

Kondisi tersebut yang bisa membuat peranti turbocharger rusak. Belum lagi jika kerusakan tersebut cukup parah, komponen turbo bisa dibilang mahal belum lagi ditambah biaya pemasangannya.

Untuk mengantisipasi kerusakan tersebut, beberapa mobil dengan mesin turbo diesel sudah mendapat teknologi timer otomatis.

Secara umum, mesin diesel turbo memiliki sifat sensitif saat mesin menyala atau dimatikan dalam waktu singkat. Ketika mesin mobil sedang bekerja, tapi tiba-tiba berhenti mendadak sistem lubrikasi oli bisa terganggu.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum mematikan mesin dan beranjak keluar mobil. Tunggu selama 20 hingga 30 detik agar memberikan waktu pendinginan turbo untuk mengatasi komponen ini cepat aus.

Related Articles

Stay Connected

22,935FansSuka
0PengikutMengikuti
3,508PengikutMengikuti
- Advertisement -

Latest Articles