Biar Gak Ditipu, Simak 5 Tips Hindari Bengkel Jahil yang Sering ‘Gedor’ Harga

0
- Advertisement -

NMAA News – Beberapa waktu lalu beredar video berisi cerita seorang pengendara sepeda motor merasa ditipu. Dia yang awalnya hanya berniat mengganti oli justru harus merogoh kocek sebesar Rp 2,7 juta karena perilaku bengkel servis tidak bertanggungjawab.

Video viral tersebut seharusnya menjadi medium pembelajaran bagi seluruh pengguna kendaraan, baik itu mobil ataupun motor, terkait adanya penipuan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

Montir jahil bukan kasus baru yang terjadi. Sebaiknya, bisa menjadi pelajaran bagi siapapun saat mempercayakan perbaikan bagian penting kendaraan.

Cara licik biasa dilakukan dengan mark-up harga dan biaya servis tinggi tanpa dijelaskan detail apa saja kerusakan kendaraan:

Pahami perawatan dasar mobil dan kondisi normalnya

Sudah seharusnya, para pemilik mobil meningkatkan kesadaran merawat mobil sesuai anjuran pabrik. Mengenal komponen dasar, kapan waktu servis berkala, dan perawatan minor. Jika ragu, bisa melihat tayangan video atau bertanya ke teman yang lebih paham.

Upayakan selalu servis di bengkel resmi

Bengkel yang sudah memiliki SOP jelas paham betul masalah pada komponen tertentu, penanganan, cara perbaikan, dan keseluruhan biaya perbaikan.

Hubungi Montir Terpercaya

Ketika mobil bermasalah saat menempuh perjalanan, silakan berkonsultasi ke mekanik berpengalaman. Setidaknya, pemilik mobil mengenal bengkel spesialis perbaikan langganan yang bisa diandalkan saat mobil mengalami trouble.

Montir berkualitas

Ciri-ciri paling terlihat dari teknisi atau montir terpercaya terlihat dari cara mereka menganalisa kerusakan, dan bisa berdiskusi dengan kastemer. Karena, montir dengan jam terbang tinggi selalu mengajak diskusi pelanggan dan menjelaskan tentang kondisi bagian mobil yang akan diperbaiki.

Minta Rekomendasi Orang Terdekat

Tanya bengkel langganan rekan atau kerabat terdekat. Biasanya reputasi bengkel yang bagus akan mudah menyebar dari mulut ke mulut. Galilah informasi atau alasan mereka mengapa bengkel tersebut disarankan.

- Advertisement -