Aplikasi Toyota Interactive Virtual Assistant ‘TARRA’ Kini Dilengkapi Fitur Voice Command

0
- Advertisement -

NMAA News – Aplikasi layanan digital Toyota terus menawarkan berbagai kemudahan. Kali ini, enhancement dilakukan pada TARRA yang merupakan chatbot Toyota atau Toyota Information Personal Assistant.

Melalui total mobility solution sebagai visi atau semangat baru, Toyota terus melakukan enhancement secara berkelanjutan pada setiap touch point channel, sehingga  kian memudahkan pelanggan dalam mengakses solusi untuk berbagai kebutuhan mobilitas yang terus berkembang.

Sebelumnya, TARRA yang dapat diakses melalui LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Toyota website, dan mobile apps mTOYOTA adalah layanan berbasis teks, di mana pengguna harus mengetik/chatting untuk dapat berkomunikasi dengan TARRA atau mendapat informasi Toyota.

Kali ini, pelanggan yang menggunakan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui mobile apps mTOYOTA, bisa memanfaatkan fitur terbaru “voice command” saat mengakses berbagai informasi tentang Toyota.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan, sebagai mobility company, Toyota tidak hanya berkomitmen menghadirkan produk berteknologi dan spesifikasi lebih baik, namun juga berbagai program inovatif, mudah diakses, aman, serta nyaman bagi pelanggan sebagai bagian total mobility solution.

“Ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan pengguna yang ingin kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan. Sehingga kami berinisiatif melakukan enhancement pada TARRA dengan penambahan fitur voice command. Harapannya, tidak hanya memberi kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga efisiensi waktu para pelanggan yang ingin mendapat informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” ujar Anton, pada keterangan tertulis yang dikirim hari ini, Senin (13/9/2021).

Fitur voice assistant ini bisa diakses melalui Android dan iOS. Untuk memanfaatkan fitur voice command, pengguna cukup membuka mobile apps mTOYOTA dan mengklik logo “TARRA” pada landing page halaman utama.

Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan “Hai, TARRA” atau “Halo TARRA” atau “Menu”. Lalu, TARRA akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik. TARRA akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, maupun menunjukkan tombol/karosel lainnya jika ada.

TARRA tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada  background/noise suara lain, asalkan background/noise tersebut tidak lebih besar dari suara penggunanya. Selain itu, TARRA juga tetap bisa mengerti pertanyaan user meskipun berlogat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

Di TARRA, pengguna bisa mendapat informasi secara cepat dan interaktif setiap hari dan full selama 24 jam. Informasinya didapatkan secara mudah, efektif, efisien, dan komprehensif tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota.

Informasi di TARRA antara lain promo dan program terbaru Toyota, Info Produk (Brosur, Fitur dan Harga), Pembelian mobil, Booking servis, keunggulan mobil Toyota, simulasi kredit, informasi tentang dealer terdekat, lokasi bengkel Toyota, tips perawatan kendaraan, press release kebutuhan pemberitaan bagi media, dan banyak informasi menarik lainnya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2019 hingga saat ini, TARRA mendapat respon baik dari pelanggan. Hal ini terlihat dari total interaksi yang mencapai lebih dari 1,2 juta interaksi. Sebagian besar pertanyaan yang diajukan pelanggan ke TARRA antara lain terkait lokasi bengkel Toyota, info servis Toyota, info terkait produk, promo, dan lain-lain.

  

 

 

 

- Advertisement -