BYD Peringati 2 Tahun Perannya Menginisiasi Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

0
- Advertisement -

NMAA News – BYD rayakan dua tahun keberadaannya dalam menginisiasi kemajuan industri kendaraan listrik di Tanah Air. Hasilnya cukup signifikan. Performa penjualan dan tingkat penerimaan pasar berbagai model BYD, diterima positif masyarakat.

Sejak Januari 2024 hingga Oktober 2025, BYD membukukan lebih dari 51.700 unit, didorong kinerja kuat berbagai model di seluruh segmen. BYD M6 tampil sebagai MPV listrik terfavorit keluarga Indonesia dengan penjualan lebih dari 15.700 unit.

Selanjutnya, model Sealion 7 mencatat lebih dari 7.500 unit hanya dalam beberapa bulan sejak peluncuran. Sedangkan ATTO 1 membukukan lebih dari 8.400 unit sekaligus kukuhkan diri sebagai model dengan pertumbuhan tercepat dan fenomenal.

Sementara BYD Seal, ATTO 3, dan Dolphin juga mampu mencatat masing-masing lebih dari 5.700 unit, 5.400 unit, dan 1.700 unit. Sub-brand premium DENZA D9 turut menyumbang lebih dari 6.700 unit.

Di sektor komersial, keberadaan BYD e6 juga mencatat lebih dari 600 unit. Model ini turut  menandai meluasnya adopsi kendaraan listrik di berbagai kebutuhan mobilitas.

Tidak hanya produk, BYD juga membangun fondasi ekosistem industri yang kuat. Mulai  edukasi publik, perluasan jaringan, hingga pengakuan media dan industri otomotif nasional.

BYD Dolphin dan BYD Atto 3

Sejak awal 2024, rangkaian peluncuran model baru di berbagai segmen menjadi bukti konsistensi BYD membuka akses masyarakat terhadap teknologi kendaraan listrik yang lebih aman, modern, dan relevan.

Momentum besar dimulai pada Januari 2024 saat BYD perkenalkan tiga model perdananya yaitu BYD Seal, BYD ATTO 3, dan BYD Dolphin, sebagai pintu masuk perkenalkan standar baru mobilitas listrik di Indonesia.

Ketiganya mengusung DNA teknologi khas BYD, termasuk Blade Battery dan e-Platform 3.0, yang dirancang memaksimalkan keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan berkendara.

BYD Seal saat tampil di IIMS 2024

BYD Seal hadir sebagai ikon performa dan rekayasa EV modern dengan desain aerodinamis dan stabilitas berkendara presisi. BYD ATTO 3 mengisi segmen SUV dengan fleksibilitas kabin, fitur keselamatan komprehensif, dan pengalaman berkendara efisien.

Sementara BYD Dolphin membawa solusi mobilitas ringkas untuk kebutuhan perkotaan, dengan biaya operasional rendah dan fitur keselamatan yang solid di kelasnya.

“Sejak awal kehadiran BYD di Indonesia, komitmen kami jelas yaitu berjalan bersama masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan untuk mempercepat transisi menuju kendaraan ramah lingkungan,” buka Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

Menurutnya, BYD bukan sekadar datang membawa produk, tetapi usung visi masa depan lebih bersih dan lebih baik. Dalam dua tahun perjalanan ini, BYD terus hadirkan line-up unggulan sambil pastikan setiap langkah yang diambil memberi dampak luas.

New BYD Dolphin Dynamic diperkenalkan di pameran GIIAS 2024

Baik dengan memperbanyak pilihan kendaraan listrik yang semakin relevan bagi kebutuhan dan preferensi masyarakat, maupun memperkuat ekosistem untuk mendukung keberlanjutannya.

“Melalui inovasi, edukasi, dan kolaborasi berkelanjutan, kami akan terus membuka akses terhadap mobilitas yang lebih aman, efisien, dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” imbuh Eagle Zhao.

Ketiga model ini bukan sekadar lini produk pembuka, tetapi menjadi pijakan strategis BYD memperluas portofolio kendaraan listrik yang relevan dan terukur sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sebagai bagian misi jangka panjang, langkah ini menegaskan komitmen BYD hadirkan pilihan kendaraan listrik lebih luas, serta memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain utama yang membentuk masa depan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

MPV Listrik BYD M6

Perluasan Portofolio Strategis Berbasis Kebutuhan Pasar Indonesia

Pada awal 2024, setelah sukses melansir tiga model pertamanya, BYD kembali menggebrak peta kendaraan listrik di Tanah Air dengan meluncurkan BYD M6, sebuah MPV listrik pertama hadir di Indonesia.

Langkah BYD ini dinilai tepat, lantaran segmen MPV merupakan salah satu pangsa pasar terlaris di Indonesia. Pada Juli 2024 BYD M6 resmi dipasarkan dan menuai antusiasme tinggi publik otomotif Indonesia.

Kehadiran BYD M6 menjadi langkah strategis hadirkan mobilitas listrik relevan keluarga Indonesia. Dengan opsi enam dan tujuh penumpang, kabin luas, serta kenyamanan interior untuk perjalanan jarak jauh, M6 dirancang sebagai kendaraan berkapasitas besar yang tetap efisien.

BYD M6 saat media test drive ke Bandung

M6 tidak hanya tawarkan alternatif mobilitas berkelanjutan, tetapi juga menetapkan standar baru untuk kenyamanan, kapasitas, dan efisiensi sebuah MPV ideal. Terbukti, , inovasi BYD menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen Indonesia.

 

Masuki 2025, BYD perkaya portofolio kendaraan listriknya di Indonesia melalui BYD Sealion 7, SUV listrik premium yang menawarkan sensasi berkendara lebih bertenaga, cerdas, dan berkelas.

Model ini tersedia dalam beberapa pilihan sehinggan konsumen memilih konfigurasi performa paling sesuai kebutuhan berkendara sehari-hari maupun lebih dinamis.

BYD Sealion 7 pastikan harmonisasi aspek kenyamanan, keamanan, dan performa, menjadikannya salah satu SUV listrik paling kompetitif di pasar Indonesia.

Peluncuran BYD Sealion 7 merefleksikan perluasan strategi elektrifikasi BYD yang tidak hanya menyasar kebutuhan keluarga, tetapi juga menjawab aspirasi pasar yang ingin EV premium dengan performa tinggi, desain atraktif, dan kelengkapan fitur solid.

Dengan tambahan model ini, portofolio BYD kini mencakup pilihan EV yang lebih luas dimulai dari sedan, SUV dan juga MPV, menempatkan BYD Indonesia sebagai salah satu pemain cukup aktif dalam menghadirkan solusi kendaraan listrik di setiap segmen pasar.

BYD Atto 1

Terobosan Baru Mobilitas Listrik untuk Segmen City Car di Pasar Indonesia

BYD melanjutkan langkah strategisnya dengan menghadirkan BYD ATTO 1 sebagai kendaraan listrik kompak untuk kebutuhan mobilitas harian masyarakat perkotaan.

ATTO 1 menawarkan kombinasi ukuran ringkas, efisiensi energi tinggi, serta fitur keselamatan. Solusi praktis bagi konsumen dengan kebutuhan kendaraan listrik yang mudah dikendalikan, hemat energi, dan ideal untuk mobilitas jarak dekat maupun menengah.

BYD ATTO 1 membawa teknologi andalan BYD di aspek keamanan sekaligus ketahanan daya mumpuni. Meski kompak, ATTO 1 usung kenyamanan berkendara, desain interior ergonomis, tata letak kabin fungsional, dan sistem hiburan intuitif.

ATTO 1 memberi pengalaman berkendara yang lincah di jalan perkotaan, sekaligus stabil dan aman dalam berbagai situasi berkendara sehari-hari.

“Sejak pertama diperkenalkan ke publik, respon atas ATTO 1 tunjukkan antusiasme luar biasa. Bahkan sebelum resmi diluncurkan ke pasar. Ini cerminkan tingginya kepercayaan konsumen terhadap inovasi BYD khususnya di segmen city car listrik,” ungkap Luther Panjaitan, Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia.

Dalam waktu relatif singkat usai peluncuran, BYD ATTO 1 meraih apresiasi beberapa penghargaan, berkat inovasi dan kepraktisan yang dinilai fenomenal di kelasnya.

“Hal ini memberi kepercayaan bagi kami. BYD ATTO 1 bukan sekadar produk baru, melainkan simbol terobosan mobilitas listrik perkotaan yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.” imbuh Luther.

Kehadiran ATTO 1 perkuat posisi BYD sebagai merek kendaraan listrik yang sajikan pilihan lengkap semua kebutuhan konsumen di Indonesia. Tegaskan komitmennya menghadirkan mobilitas listrik lebih inklusif dan mudah dijangkau seluruh masyarakat.

Komunitas BEYOND

Peran Komunitas Menjadi Pelopor Pengguna EV BYD di Indonesia

Sebelum BYD resmi hadir di Indonesia, komunitas BEYOND terbentuk organik oleh pengguna dan penggemar yang sejak awal percaya teknologi dan kualitas BYD.

Beranggotakan pemilik kendaraan BYD yang memperoleh unit melalui distribusi mandiri, bahkan ada dari pengikut perkembangan BYD sejak jauh sebelum memasuki pasar Indonesia.

Dari fakta ini membuktikan, kalau komunitas ini selain secara organik juga menjadi bukti antusiasme sejak awal terhadap kendaraan listrik BYD sudah tumbuh lebih dahulu di masyarakat.

Dalam dua tahun terakhir, BEYOND berperan sebagai wadah berbagi pengalaman, edukasi, dan diskusi seputar kendaraan listrik. Mulai pemahaman teknis dan teknologi baterai, penggunaan harian, efisiensi energi, perawatan, hingga total cost of ownership.

Komunitas ini berkembang menjadi ruang kolaboratif yang memperkuat hubungan antar pengguna sekaligus meningkatkan literasi publik mengenai manfaat kendaraan listrik.

Menjelang dua tahun perjalanan BYD di Indonesia, BEYOND menjadi kekuatan pendukung penting mendorong adopsi kendaraan listrik. Melalui kegiatan edukasi, test drive bersama, dan forum berbagi wawasan teknologi, komunitas ini membangun ekosistem solid dan jembatan komunikasi antara pengguna dan BYD.

Berbagai masukan komunitas turut membantu pengembangan layanan, produk, dan pengalaman kepemilikan lebih matang. Ini sejalan dengan visi menciptakan masa depan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

- Advertisement -