
NMAA News – Anak usaha Zhejiang Geely Holding Group yang membawahi merek Geely Auto, Lynk & Co, dan Zeekr, yakni Geely Automobile Holdings Ltd., mencatat kinerja positif pada semester I 2025.
Pendapatan perusahaan tembus lebih dari RMB 150 miliar (sekitar Rp340 triliun). Penjualan kendaraan naik 47% menjadi 1,409 juta unit. Untuk pertama kalinya, pangsa pasar domestik Geely tembus 10%.
Pertumbuhan ini didorong penjualan kendaraan listrik dan energi baru (NEV). Naik 126% menjadi lebih dari 725 ribu unit. Hasil ini menegaskan transformasi Geely menjadi merek pintar dan berorientasi elektrifikasi.

Sinergi Melalui Strategi “One Geely”
Tahun lalu, Geely luncurkan strategi “One Geely” untuk menyatukan merek, sumber daya, dan kolaborasi. Paruh pertama 2025, Geely Auto selesaikan merger Zeekr dan Lynk & Co.
Hasilnya, membuahkan sinergi lebih kuat, rekor penjualan di segmen menengah–premium, sekaligus efisiensi biaya riset dan produksi.
Pada Juli 2025, Geely Auto dan Zeekr juga tandatangani perjanjian merger baru perluas kerja sama di bidang teknologi, rantai pasok, manufaktur, pemasaran, layanan purna jual, hingga ekspansi global.
Langkah ini diharapkan makin memperkuat daya saing produk di pasar mainstream, premium, dan mewah.

Penguatan di Segmen Elektrifikasi Cerdas
Inovasi elektrifikasi dan teknologi pintar berbasis AI, kontributor terbesar penjualan Geely. Penjualan mobil energi baru (NEV) tembus lebih dari 725 ribu unit, sekitar setengah total penjualan.
Seri Geely Yinhe jadi penyumbang utama 548 ribu unit terjual, naik 232% dari tahun lalu, dan sudah mencapai total 1,2 juta unit sejak pertama kali diluncurkan.
Di segmen mobil premium, Zeekr berhasil menjual lebih dari 90 ribu unit dan menjadi salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat.
Secara global, total penjualan mobil listrik murni Zeekr sudah melampaui 500 ribu unit, dengan MPV mewah Zeekr 009 menjadi memimpin pasar di berbagai negara.
Sementara itu, Lynk & Co mencatat penjualan lebih dari 150 ribu unit pada semester I, dengan total penjualan sejak peluncuran sudah melewati 1,5 juta unit.
Tahun ini, Geely satu-satunya perusahaan otomotif di Tiongkok yang meluncurkan teknologi Full Domain AI untuk mobil pintar. Teknologi ini menjadi dasar sistem cerdas di semua produk Geely.
Kapasitas Pusat Komputasi Xingrui juga sudah ditingkatkan hingga 23,5 EFLOPS untuk mendukung pengembangan AI berskala besar.
Sistem bantuan mengemudi G-Pilot berkemampuan otonom level 3 juga hadir di banyak model. Sedangkan kokpit digital Flyme Auto kini digunakan lebih dari 1 juta pengguna.
Dari sisi elektrifikasi, Geely bawa berbagai teknologi utama seperti Geely Battery Safety System generasi terbaru dengan keamanan tinggi, daya tahan lama, pengisian super cepat, performa stabil di suhu rendah, dan lolos 36 uji ekstrem.
Mesin hybrid EM Super Hybrid tawarkan efisiensi termal terbaik mesin produksi massal, sehingga lebih hemat bahan bakar dengan jarak tempuh lebih jauh. Sementara Zeekr Super Hybrid hadir dengan inovasi e-drive bertenaga 1000kW berbasis arsitektur 900V.

Ekspansi Global dan Komitmen Berkelanjutan
Sepanjang 2025, Geely Auto mengekspor lebih dari 180 ribu unit ke 80 negara. Model Geely EX5 hadir di 26 pasar internasional dan menjadi salah satu produk andalan global.
Selain memulai perakitan luar negeri di Mesir, Geely juga menjalankan uji coba produksi di Indonesia, menandai langkah penting memperkuat kehadiran di pasar otomotif Tanah Air.
Sementara Zeekr terus memperluas jaringannya di 40 negara dengan lebih dari 70 gerai. Lynk & Co menambah ekspor ke pasar baru seperti Republik Dominika dan Laos.
Dari sisi keberlanjutan, Geely berhasil menurunkan emisi karbon 23,5% dibanding pada 2020. Ini mendekati target 25% di akhir 2025. Pencapaian ini sejalan komitmen jangka panjang perusahaan wujudkan karbon netral pada 2045.
Masuki paruh kedua, Geely Auto naikkan target penjualan tahunan menjadi 3 juta unit. Perusahaan juga akan luncurkan enam model kendaraan elektrifikasi baru.
Geely Auto juga memperkuat integrasi Zeekr dan Lynk & Co dalam strategi “One Geely” untuk menegaskan posisinya di pasar global kendaraan pintar dan energi baru.
