Honda Pastikan Perluasan Penggunaan Bahan Bakar Hidrogen untuk Produk dan Aktivitas Perusahaan pada 2050

0
- Advertisement -

NMAA News – Honda umumkan inisiatif perluasan penggunaan teknologi berbahan bakar hidrogen untuk produk serta aktivitas perusahaan pada 2050 mendatang. Honda melihat teknologi kendaraan berbahan bakar hidrogen sebagai salah satu energi alternatif memiliki potensi tinggi di samping teknologi listrik.

Hidrogen memiliki karakteristik unik yang menyimpan dan mengangkut energi dengan kepadatan tinggi dan mengisi tangki dengan cepat. Sistem sel bahan bakar ini diharapkan lebih efektif sebagai sumber tenaga produk mobilitas ukuran besar yang banyak digunakan.

Honda telah melakukan penelitian dan pengembangan teknologi hidrogen dan FCEV selama lebih 30 tahun. Sejak 2013, Honda bekerja sama dengan General Motor (GM) dalam pengembangan bersama sistem sel bahan bakar masa depan. Honda adalah salah satu perusahaan pertama yang fokus pada potensi hidrogen menuju realisasi masyarakat zero carbon.

Arata Ichinose selaku Operating Executive and Head of the Business Development Supervisory Unit Honda mengatakan, Honda berusaha mewujudkan zero carbon dengan memanfaatkan teknologi hidrogen miliknya. Pihaknya ingin memperluas lingkaran pemanfaatan hidrogen secepat mungkin.

“Untuk mencapai tujuan ini, kami telah mengidentifikasi empat domain inti yang akan kami fokuskan selama fase awal bisnis hidrogen kami: model Honda FCEV, kendaraan komersial, pembangkit listrik stasioner, dan mesin konstruksi,” ujar Arata.

Honda berencana memulai penjualan model FCEV baru pada 2024 di Amerika Utara dan Jepang. Model FCEV Honda didasarkan pada CR-V yang diperkenalkan tahun lalu di Amerika Utara.

Arata Ichinose selaku Operating Executive and Head of the Business Development Supervisory Unit Honda

Keunggulan FCEV memungkinkan berkendara jarak jauh dengan waktu pengisian bahan bakar singkat, model FCEV baru ini akan menampilkan fungsi plug-in yang menawarkan kenyamanan EV yang dapat diisi ulang di rumah.

Honda menargetkan tingkat penjualan awal 2.000 unit per tahun dan akan berusaha  memperluas penjualan secara bertahap. Target tersebut akan meningkatkan penjualan 60.000 unit pada 2030, dan menjadi beberapa ratus ribu unit per tahun pada paruh kedua 2030-an.

Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon pada 2050 sesuai inisiatif perusahaannya.

- Advertisement -