Inilah Penampakan Datsun Baru Yang Persis Versi Konsepnya! Minimnya informasi mengenai kehadiran mobil Datsun terbaru yang kabarnya akan diluncurkan pada awal tahun 2018 nanti (bukan akhir 2017, sebagaimana banyak diberitakan), akhirnya tim NMAA mencoba merekonstruksi bentuk desainnya berdasarkan penelusuran dan private seeing.

Meski tak diperkenankan mengambil gambar dengan kamera, namun dengan potensi dari beberapa member NMAA yang ahli dalam teknik virtual drawing kami hadirkan gambaran unit Datsun teranyar tersebut, atau yang terinspirasi dari Datsun Go-cross.

Ternyata unit Datsun ini 90% mirip dengan unit konsep yang pernah ditampilkan pada salah satu auto show beberapa saat yang lalu. Tampilan futuristik dengan gaya khas designer Datsun, Kei Kyu tetap diterapkan yang sarat akan “kebebasan” dan unsur “jiwa muda”.

Nah, berikut ini kami mencoba jelaskan beberapa detail dari mobil Datsun terbaru;

IMG-20171219-WA0010

Eksterior

Pada tampilan luaran, terutama pada fascia depan dipastikan akan memiliki wajah persis seperti versi konsepnya. Lampu tajam khas GO-cross, foglamp besar, lalu terdapat  daytime running light di bumper depan, disertai grille besar yang menjadi indikasi perubahan besar dari Datsun model baru ini.

Pada bagian depan inilah yang membuat penyegaran tampilan Datsun terbaru ini layak menjadi pertimbangan. Sebab ia menerapkan tampang futuristis dan macho.

Selain itu ada over fender plastik berwarna hitam melapisi seluruh samping fender hingga bagian side skirt door panel. Sementara pada bagian belakang menjadi ubahan yang paling tidak signifikan. Sebab dari  catatan kami, ubahan di belakang hanya adanya penambahan wiper kaca belakang, serta bumper belakang dengan reflektor dan skid plate saja.

Konsep penambahan over fender tersebut menjadikan Datsun terbaru ini memiliki berpenampilan serupa crossover. Lagi-lagi jika gaya crossover ini diterapkan, maka Datsun baru ini akan menjadi pionir di kelasnya.

IMG-20171219-WA0011

Kaki-kaki

Dimensi velg pada Datsun GO dan GO+ versi sebelumnya menggunakan ring 13 inci versi velg kaleng, dan velg alloy ring 15 inci. Namun untuk Datsun model terbaru kali ini, sepertinya akan menggunakan velg alloy ring 15 inci dengan ban 185/65R15 seperti tapak ban Livina X-Gear dengan profil ban yang cukup tebal. Hal ini sepertinya bertujuan untuk mendapatkan ground clearance yang cukup tinggi sesuai dengan tema crossover yang diusung.

 Kabin

Meski belum terbuka sepenuhnya, namun pada kabin akan ada beberapa perubahan. Konsep jok depan  menyatu bakal dihilangkan, dengan dominasi nuansa hitam di sekujur area kabin. Hand brake juga ditempatkan pada posisi normal, tak lagi di bawah dasbor.

Yang menarik, Datsun baru ini seperti naik kelas. Sebab beberapa fitur “premium” juga disematkan. Sebut saja airbag, power window di semua pintu, adanya head unit touch screen berukuran 6,9 inci, transmisi otomatis CVT, serta beberapa fitur lainnya. Untuk harga, kemungkinan Datsun baru ini akan bermain di angka Rp 160-180 jutaan.

Soal penamaan, kabarnya Datsun baru ini memakai nama Datsun Cross. Namun untuk tahu keberannya, kita tunggu saja kiprahnya tak lama lagi.