Kolaborasi Indika Energy dan Daeyoung Chaevi, Kembangkan Charging System dan Bus Listrik Berlabel INVI

0
- Advertisement -

NMAA News – Perusahaan investasi terdiversifikasi terkemuka di Indonesia, PT Indika Energy Tbk., tandatangani kerjasama lokalisasi mesin pengisian kendaraan berbasis baterai dengan Daeyoung Chaevi Co., Ltd. yang berpengalaman dan ahli dalam industri pengisian baterai listrik global.

Sebagai bagian kesepakatan ini, Indika Energy melalui PT Energi Makmur Buana (EMB) akan berperan sebagai mitra lokal pendukung proses lokalisasi, termasuk manufaktur, penelitian, dan pengembangan komponen untuk produksi mesin pengisian baterai listrik yang inovatif.

“Kami berkomitmen untuk berkontribusi mencapai netral karbon dan menghadirkan kendaraan yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia,” imbuh Jung Min-kyo, CEO Daeyoung Chaevi Co., Ltd.

Sebagai awal langkahnya, EMB melansir produk elektrifikasi bus listrik dan infrastruktur pendukungnya yakni charging station berlabel INVI. Menurut Azis Armand, Wakil Direktur Utama dan Grup CEO PT Indika Energy Tbk, pihaknya berharap produksi mesin pengisian baterai listrik lokal dan adopsi kendaraan listrik di Indonesia dapat meningkat, seiring upaya pencapaian netral karbon.

“Peluncuran produk charging station INVI dan bus listrik ini menjadi bagian perjalanan Indika Energy menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Tanah Air,” ungkap Azis usai peluncuran produk INVI yang berlangsung di pameran otomotif GIIAS 2023, Jumat (11/8/2023).

Dalam acara tersebut, Azis Armand bersama Andreas Justiabel selaku Presiden Direktur PT EMB meluncurkan INVI, sebuah brand produk kendaraan bus listrik dan ekosistemnya yang inovatif.

INVI bertujuan memfasilitasi distribusi bus listrik berikut ekosistem pendukungnya, termasuk pengisi daya kendaraan listrik berteknologi ultra-fast charging untuk pengisian lebih cepat berdaya 400 kW (saat ini rata-rata charger berupa slow charger).

INVI juga akan memperkenalkan bus listrik KG Mobility (sebelumnya Edison Motors) yang memiliki performa prima, termasuk kekuatan mesin hingga 320 kW dengan jarak tempuh lebih dari 350 km.

Hal ini menjadi salah satu komitmen Indika Energy Group mengakselerasi perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Produk charging station INVI utamakan efisiensi, melalui mesin pengisi kendaraan berbasis listrik hingga daya 200 kW dengan teknologi terdepan Original Equipment Manufacture (OEM) dengan 39 paten.

Kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya dari sisi distributor kendaraan listrik komersial, namun juga sebagai Seamless EV Experience. “INVI cerminkan semangat kami hadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad hadirkan produk melalui solusi inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” tutur Andreas.

Indika Energy aktif mengembangkan bisnis kendaraan listriknya mendukung inisiatif pemerintah Indonesia mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pada Agustus 2022 dan Mei 2023 lalu, Indika Energy melansir kendaraan listrik roda dua ALVA. Indika Energy bersama mitra bisnisnya juga sedang kembangkan kendaraan komersial listrik roda empat (termasuk bus) dan baterai listrik.

 

 

 

 

- Advertisement -