Gelar RUPS, Blue Bird Raih Capai Kinerja Positif Semua Lini Selama 2023

0
- Advertisement -

NMAA News – Perusahaan mobilitas PT Blue Bird Tbk (Bluebird) umumkan berbagai pencapaian positif selama 2023 untuk kinerja keuangan, pengembangan operasional, optimalisasi teknologi digital, dan komitmen keberlanjutan.

Pencapaian hasil positif ini terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 yang digelar Kamis (13/6) di kantor pusat Bluebird, Jakarta.

Direktur Utama Bluebird, Adrianto Djokosoetono menyampaikan, sepanjang 2023 Perseroan telah lakukan berbagai kebijakan bisnis demi memberi dampak positif peningkatan kinerja di tengah dinamika industri yang terjadi.

Di akhir 2023, Perseroan mengoperasikan total 23.000 armada untuk semua segmen usaha atau meningkat sekitar 2.100 unit secara tahunan dan berhasil bukukan pendapatan bersih Rp4,4 triliun, tumbuh 23 persen dibandingkan tahun 2022.

Pertumbuhan ini didorong meningkatnya kepercayaan pelanggan dan utilisasi armada yang didukung peningkatan mobilisasi. Pencapaian ini lebih tinggi jika dibanding pendapatan bersih sebelum pandemi Covid-19, yakni Rp 4,0 triliun di 2019.

Selain itu, EBITDA Perseroan juga mengalami kenaikan sebesar 22 persen secara tahunan, yaitu menjadi Rp1,1 triliun.

Kinerja keuangan solid ini mencerminkan hasil berbagai strategi inovatif dan efisien yang diimplementasikan sepanjang 2023.

“Kami bersyukur dengan pencapaian ini. Hasil ini bukti nyata komitmen kami meningkatkan kualitas layanan dan memberi nilai tambah para pemegang saham,” ujar Andre, sapaan akrab Adrianto.

RUPST Bluebird juga menyetujui pembagian dividen Rp 228 miliar atau Rp 91 per lembar saham. Pembagian dividen tunai ini setara 50,27 persen laba bersih entitas induk 2023 sebesar Rp 453 miliar dan akan diberi ke pemegang saham yang tercatat pada Daftar Pemegang Saham Bluebird pada 27 Juni 2024. Pembayaran akan dilakukan pada 12 Juli 2024.

Bluebird bagikan dividen sebagai komitmen, penghargaan, serta memberi nilai tambah ke pemegang saham atas kepercayaan yang diberikan ke Perseroan dalam menghadapi tantangan dan mampu bertumbuh cepat.

Bluebird meluncurkan sejumlah inisiatif strategis, termasuk pengembangan pilar transformasi. Di 2023, penerapan strategi transformasi dilakukan melalui 3M, yaitu multi-channel, multi-payment, dan multi-product sebagai komitmen pertumbuhan  berkelanjutan.

Di multi-channel, Perseroan berfokus menjaga tingkat kepuasan pelanggan melalui pengembangan teknologi agar tetap relevan di kondisi industri terkini. Peluncuran All-New MyBluebird dengan fitur EZPay, menggabungkan akses offline, dan cara pembayaran nontunai, dilanjut seperti EZPoint, yaitu program loyalitas pelanggan aplikasi MyBluebird.

Di multi-payment, Perseroan terus menambah mitra strategis dalam pemesanan dan pembayaran sebagai upaya memberi keleluasaan lebih besar bagi pelanggan. Selain itu didukung banyaknya promo menarik mitra pembayaran baik dari kartu kredit, e-wallet, maupun QRIS.

Untuk multi-product, Perseroan meluncurkan BirdMobil sebagai lini usaha baru yang menawarkan layanan jual beli mobil bekas dan pemeliharaan. Strategi ini menegaskan kembali dedikasi Bluebird menyediakan layanan transportasi terintegrasi.

Komitmen terhadap peningkatan teknologi selama 2023 terus dilakukan untuk optimalkan penggunaan aset guna memaksimalkan operasi. Perseroan gunakan AI System dan pengembangan teknologi lain guna mendukung efektivitas distribusi armada.

Hal ini melengkapi penggunaan teknologi berbasis IoT (Internet of Things) yang diterapkan dari tahun sebelumnya.Teknologi ini tidak hanya tingkatkan efisiensi operasional, tetapi juga berperan penting mengurangi emisi karbon.

Dengan pemanfaatan AI dan IoT, Bluebird mengoptimalkan rute perjalanan, kurangi konsumsi bahan bakar, dan kurangi waktu idle kendaraan, yang semuanya berkontribusi pada penurunan emisi CO2.

Di luar peningkatan dan pengembangan teknologi, Perseroan tetap berikan layanan prima dengan siapkan pengemudi profesional dan dapat diandalkan, armada terstandar baik keamanan maupun kebersihannya, dan kemudahan akses layanan Bluebird.

Peduli menjadi nilai dasar yang dipegang Bluebird selama 52 tahun, tercermin dalam setiap aktivitas Perseroan. Hal ini dikukuhkan menjadi sebuah komitmen melalui Visi Keberlanjutan Bluebird dengan tiga pilar, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps.

BlueSky adalah komitmen Perseroan terhadap lingkungan dengan upaya mengurangi hingga 50 persen emisi di 2030. Di akhir 2023, Perseroan operasikan sekitar 200 armada electric vehicle dan lebih dari 3.200 armada berbahan bakar gas semua segmen bisnis.

Perseroan juga memasang panel surya di pool Jakarta dan Bali hingga 2024 ini. Kemudian, di Desember 2023, Perseroan juga resmi berkomitmen melakukan investasi Rp250 miliar untuk percepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara.

BlueLife merupakan komitmen terhadap kehidupan dan kesejahteraan sosial. Sepanjang 2023, Perseroan aktif lakukan berbagai kegiatan melalui berbagai wadah seperti Kartini Bluebird, Bluebird Academy, hingga Bluebird Peduli. Perseroan alokasikan Rp 8,5 miliar untuk semua program sosial di 2023.

BlueCorps adalah komitmen menjalankan tata kelola perusahaan yang baik, yaitu selalu utamakan integritas dan komitmen pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Perseroan juga mengelola, mengawasi, serta mengevaluasi penerapan praktik GCG setiap waktu agar mampu ciptakan pertumbuhan berkelanjutan.

- Advertisement -