Wuling dan JICAF Umumkan Pemenang Kompetisi “Your Art Your Icon” di IIMS 2025

0
- Advertisement -

NMAA News – Sejak Desember 2024 lalu, Wuling Motors (Wuling) berkolaborasi dengan Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) menggelar kompetisi “Your Art Your Icon”. Kompetisi ini merupakan wadah bagi desainer dan seniman Indonesia mengekspresikan ide kreatif dalam bentuk karya seni pada eksterior BinguoEV.

Pengumuman pemenang kompetisi ini disampaikan di booth Wuling di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 di JIEXPO Kemayoran, Senin (17/2/2025). Pemenang utama kompetisi ini meraih satu unit Wuling BinguoEV lengkap sentuhan eksterior dengan desain livery karyanya.

Sunny Gho selaku Co-Founder JICAF mengungkapkan kesannya terhadap kompetisi ini. Menurutnya, ia mencari teman-teman illustrator bisa memanfaatkan bidang BinguoEV secara maksimal.

Mafazi Qisti Sitepu

Kalau biasanya lomba itu 2 dimensi, untuk kompetisi kali ini 3 dimensi, ada 4 sisi, bahkan sampai atap dan juga objek roda. Banyak banyak temannya yang memanfaatkan dengan baik sehingga menjadi nilai plus penilaiannya.

“Saya juga melihat ciri khas para ilustrator. Bagaimana mereka bisa menampilkan gayanya atau signature-nya dengan unik dan berbeda dari yang lain. Ini juga menjadi sebuah pertimbangan penting buat saya,” imbuh Sunny.

Setelah kick-off pada 16 Desember 2024 lalu, Wuling dan JICAF mengumpulkan submission dan melakukan roadshow ke empat kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Solo, Bandung, dan Jakarta.

Roadshow ini dirancang menjangkau lebih banyak illustrator berbagai latar belakang dan memberi kesempatan berpartisipasi dalam kompetisi menggabungkan seni dan teknologi otomotif.

Dalam periode tersebut, lebih dari 1.000 peserta mengirimkan berbagai desain kreatifnya untuk eksterior BinguoEV. Selanjutnya, seluruh karya seni yang telah diterima melalui tahap kurasi dan penyaringan.

Pada tahap ini, tim juri melakukan penilaian dengan melihat beberapa aspek termasuk estetika visual. Aspek ini memperhatikan keharmonisan visual peserta dengan mobil BinguoEV sebagai kanvas berkompetisi.

Lalu, kesesuaian desain dengan tema, kejelasan konsep dan pesan yang disampaikan mengenai desain yang diciptakan juga turut dinilai. Aspek lainnya adalah orisinalitas dan kreativitas yang harus memiliki identitas kuat dan ikonik.

“Wah! Tantangan aku tuh lebih ke pusing banget pas harus berikan penilaian. Hasil karya ilustrasi mereka keren banget! Saat penjurian, aku, Sunny Gho dan Arief Sutrisno sampai berdebat panjang. Karena punya standar penilaian masing-masing,” seru Martcellia Liunic, Jakarta-based Artist, yang juga salah satu juri kompetisi ini.

Menurutnya, sesuai bidang yang digelutinya, ia lebih melihat sisi commercial aesthetic. Sementara Sunny Gho lebih ke technical, dan Arief Sutrisno dari POV product dan brand. “Tapi, akhirnya kami sepakat memilih 20 shortlisted dan top 3 winner. Selamat ya!” ungkap Martcellia.

Arief Sutrisno selaku Brand Strategy Manager Wuling Motors turut menyampaikan terima kasih ke para peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pihaknya antusias melihat bagaimana peserta dapat mengkreasikan eksterior BinguoEV dan mengubahnya menjadi sebuah karya unik dan penuh karakter.

“Kompetisi ini membuktikan BinguoEV tidak hanya berfungsi sebagai kendaraan, tetapi juga menjadi kanvas kreativitas seniman dan desainer Indonesia. Desain eksterior yang ikonik pun selaras kreativitas secara personal.”

Hebatnya, pemenang utama kompetisi ini berhak atas hadiah istimewa. Yaitu satu unit Wuling BinguoEV lengkap dengan desain livery terinspirasi dari kebebasan dalam mengekspresikan diri.

Adalah Mafazi Qisti Sitepu yang meraih posisi pertama. Juara kedua diraih Sigit Ezra, yang meraih hadiah MacBook Pro M3 melalui karyanya ‘Joy Beyond The Limit Of Dreams’.

Sementara juara ketiga, diraih Brigitta, rancangan desain yang menjadi perpanjangan identitasnya untuk membawa ceritanya kemanapun ia pergi, turut mendapat apresiasi yang baik dan meraih hadiah iPad Pro M4.

- Advertisement -