Saya adalah spesialis “solusi” interior mobil. Kenapa saya sebut spesialis “solusi”? Karena saya beorientasi dengan kebutuhan kastemer. Faktanya, solusi mengubah tampilan interior mobil adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.
Bukan sekadar mengganti bungkus jok atau menambah aksesori kabin, seperti yang kebanyakan oknum-oknum seatmaker lakukan demi mengejar kuantitas pekerjaan.
Makanya ada teknis pengerjaan interior mobil yang harus jadi standar. Langkah awal adalah dengan menganalisa keperluan dan kebutuhan, untuk selanjutnya dijadikan konsep untuk meng-upgrade kabin mobil kesayangan. Kuncinya, jangan berlebihan!
Lalu pemilihan bahan yang bakal dipakai juga jadi hal krusial. Biasanya kastemer harus cari jawaban pertanyaan-pertanyaan ini; Kenapa memilih semi kulit atau kulit asli? Kenapa kulit lebih mahal dari kulit sintetis?. Sebab nantinya akan sangat berkaitan dengan kebutuhan ubahan kabin yang sesuai selera dan kantong.
Urusan pemilihan bahan selesai, pembuatan pola dan desain harus dieksekusi dengan baik. Karena proses selanjutnya pola akan digambar ke bahan yang dipilih. Seatmaker yang baik, pasti bakal memilih letak tiap pola pada posisi kulit yang sesuai. Karena berkaitan dengan serat kulit sebagai titik potong, atau aksen di permukaan.
Langkah berikutnya adalah proses pelapisan busa ke kulit. Busa ditempel ke balik kulit, sehingga feel permukaan kulit jadi nyaman. Lantas masuk ke penjahitan. Proses ini perlu skill khusus, untuk menganalisa bagian-bagian penting untuk disesuaikan pada lokasi sesuai lekukan jok. Idealnya, setelah terpasang ke jok pelapis jok terasa fit tak kelebaran atau malah kesempitan.
Setelah jok jadi, dan dipasang kembali ke interior mobil, maka segera dilakukan proses finishing. Di sini perlu ada inspeksi soal instalasi jok yang harus kuat, termasuk bahan pelapis terpasang sempurna. Saya biasanya beri sedikit treatment berupa proses pembersihan khusus, dengan proses steam untuk memperkokoh hasil akhir.
Oh ya, banyak yang bertanya soal hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk bangun kabin spek kontes. Sebenarnya menurut saya cuma ada tiga hal yang harus diperhatikan.
Pertama; konsep yang relevan. Biar kita bisa mengejar konsep terbaik, dengan perhatikan perkembangan jenis bahan dan paduan warna yang bisa diterima banyak orang. Sehingga bisa berinovasi.
Kedua; tidak kurangi fungsi interior. Seringkali peserta kontes modifikasi interior mobil melapis semua kabin dan lupa bahwa banyak fungsi yang harus diperhatikan. Misalnya bungkus dasbor atau setir, yang malah meghalangi kerja airbag. Makanya saya sarankan kita harus mengerti dulu fitur dan fungsi yang melekat di interior mobil.
Keriga; Kerapihan. Jangan cuma konsep yang bagus dan up to date, tetapi soal kerapihan dilupakan. Bukan cuma soal workmanship, tapi juga kebersihan interior mobil. Dari lem, sisa bahan, debu, dan lain sebagainya.