Setelah mengalami penyegaran desain beberapa waktu lalu, tampilan Datsun GO terkini harus diakui makin menawan. Model yang kami foto ini adalah tipe tertinggi sekaligus termahal dari lineup hatchback, yang diberi nama All New Datsun GO T-Active CVT.

Pada tipe ini ada imbuhan add-on body kit di bagian depan, samping, dan belakang, yang membedakannya dengan tipe di bawahnya, yaitu All New Datsun GO T CVT atau All New Datsun GO A CVT yang sama-sama menggunakan transmisi otomatis terbaru.

Picture2

Yang menarik, desain add on body kit ini didesain lebih tegas. Pada bagian bumper depan, body tambahan ini memiliki banyak lekukan termasuk diberikan air splitter, serta lip yang diberi warna hitam pada bagian tengah. Sangat berbeda dengan add on body kit pada generasi Datsun GO Panca (sebelumnya) yang cenderung datar.

Desain bumper tambahan yang kaya lekukan tersebut untuk mengikuti kontur perwajahan depan terbaru yang beraura sporty, dengan grille yang lebih tegak dan besar, serta penempatan daytime running lamp (DRL) yang berdiri di kanan-kiri bumper. Alhasil wajah All New Datsun GO T-Active CVT ini jauh lebih stylish dan gagah.

Picture1

Head lamp-nya pun sedikit direvisi pada bagian lampu sein. Pembagiannya saat ini diperbesar, sementara lekukan reflektor kromnya berlawanan sudut grille, menciptakan kesan modern. Yang menarik lampu utama ini memiliki fitur auto, yang memungkinkan lampu besar menyala sendiri jika kondisi gelap, dan juga terdapat fitur Follow Me Home.

Picture3

Penampilannya dari samping juga semakin “berisi”. Selain dihiasi spion elektrik berlampu sein yang sudah sewarna bodi, side skirt senada dengan body moulding disematkan. Hal ini membuat penggantian ukuran roda standarnya menjadi tak percuma. Saat ini All New Datsun GO T-Active CVT memakai velg racing dengan ukuran 14 inci atau naik 1 inci dari generasi sebelumya. Bannya adalah 165/70 R14 yang membuat lingkar spakbor hatchback baru ini terlihat penuh.

Picture4

Sementara pada buritan, penyegarannya tak cuma menempatkan wiper dan lubang kunci. Desain add on body kit-nya terbilang masif, dengan aksen kisi-kisi dan diffuser yang dicat hitam. Termasuk penyematan wing spoiler dengan desain yang menarik. Pada tipe yang dibanderol Rp 142,190 juta (on the road Jakarta) ini, terdapat pula muffler tip sebagai pemanis.

Penambahan add on body kit pada tipe teratas ini diakui membuat tampilan All New Datsun GO T-Active CVT terlihat jauh lebih mahal. Kesan Low Cost Green Car (LCGC)-nya tereduksi jauh. Hal ini adalah yang memang dikejar Datsun Indonesia, mengingat varian ini tak lagi masuk dalam skema LCGC.

72abd244-62a0-41d5-acd6-d4a882e7530c

Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia, menjelaskan, varian GO CVT ditujukan untuk menggaet konsumen berusia lebih muda yang mau pengalaman menyenangkan saat berkendara. Meski begitu, “Varian CVT pandangan harganya untuk konsumen masih sangat baik. Ini juga masalah lokalisasi,” kata Masato. FYI, varian GO CVT sebagian besar komponennya diimpor dari Thailand, meski dirakit di dalam negeri.

Oh ya, All New Datsun GO T-Active CVT ini juga kami buatkan video rekomendasi modifikasinya, langsung ke beberapa workshop. Baik modifikasi kaki-kaki, eksterior, dan juga interior. Silakan cek channel YouTube NMAA.tv untuk menonton video series-nya.