Buat mobil yang masih menggunakan jok berbahan fabric/kain, opsi penggantian memakai bahan synthetic leather  (semi kulit) terbilang masuk akal. Karena perbandingan harganya lebih murah dibanding kulit asli. Selain itu warnanya beragam, dan banyak mereknya. Namun dari  berbagai macam merek bagaimana memilih bahan pelapis jok semi kulit yang bagus dan berkualitas?

Synthetic Leather

Nah, saat memilih synthetic leather, pastikan dulu kalau bahannya benar-benar lentur dan kuat. Karena logikanya, kalau bahan sintetis yang dipilih tak bagus, maka jangankan membersihkannya, sebelum waktunya pun bahan sudah rusak.

Karena itu, biasanya synthetic leather berkualitas tinggi mengandung unsur-unsur pembentuk yang baik. Misalnya terdapat backing cloth dengan double knitted, extra top coating, dan UV protection formula. Jadi peruntukkan pada bidang otomotifnya sangat tinggi.

IMG-20171027-WA0034

Double knitted menjamin kalau bahan tak gampang sobek. Backing cloth double knitted sendiri pengertiannya adalah material kain penahan di balik kulit sintetik. Dan dengan keberadaannya, maka bahan menjadi tahan terhadap tekanan dan tarikan yang kerap terjadi. Jadi tak perlu perlakuan ekstra lagi. Untuk mengetahui spek double knitted atau bukan, bisa mencermati bagian belakang bahan yang cenderung lebih rapat.

Synthetic-leather-APN-3

Yang tak kalah penting, synthetic leather yang baik juga memiliki UV protection formula dan extra top coating. Dua hal tersebut akan membuat permukaan kulit sintetis tahan terhadap terik matahari yang akan menyebabkan kering atau pudar warnanya. Apalagi kalau tambahan extra top coating-nya memiliki grade yang baik, maka kulit sintetis dijamin bakal tahan goresan, kotoran, serta dan mudah dibersihkan.