Berbagai langkah bisa dilakukan demi mendongkrak performa mobil. Misalnya dengan mengganti komponen standar dengan high performance part guna mengoptimalkan kinerja mesin. Selain itu juga bisa memainkan ECU sebagai otak pengendali kerja mesin. Trik tersebut bisa dilakukan untuk mendongkrak performa via software tuning atau mengubah program komputer ECU atau diistilahkan remapping.

renntech-ecu

Remapping atau tuning ECU merupakan proses kalibrasi ulang atau mengubah data pada ECU standar mobil. Tujuannya untuk menaikkan tenaga dan torsi sehingga efisiensi bahan bakar bisa tercapai. Hal tersebut bisa dilakukan karena sebenarnya ada potensi tersembunyi pada mesin. Misalnya, satu mesin digunakan pada beberapa varian mobil, tapi tenaga dan torsi bisa berbeda. Inilah fungsi dari tuning ECU, untuk optimalisasi kinerja mesin.

Secara garis besar, fungsi remapping adalah untuk mengoptimalkan tenaga dan torsi disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Misalnya mendongkrak performa Volkswagen Golf 1.4 TSI. Dari tenaga standar bisa naik sekitar 40 dk dan torsi sekitar 50 Nm. Contoh lainnya, BMW 320d yang torsi maksimumnya bisa bertambah hingga 60 Nm.

Agritune-ECU-Remapping

Data atau software tuning ini bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik. Contohnya jika pemilik ingin membuat mobilnya lebih bertenaga, namun masih tetap efisiensi dalam bakar. Atau tenaga naik signifikan tanpa peduli konsumsi bahan bakar. Bahkan untuk daily use dan ajang balap pun masih bisa dioptimalkan melalui aplikasi software tuning ECU ini.

Data atau variabel-variabel yang berada dalam ECU pun bisa diubah. Variabel yang diubah pada umumnya adalah boost turbo, ignition timing, air-fuel ratio, throttle response, lambda, serta rpm. Karena sama-sama sudah dilengkapi komputer ECU, software tuning ini bisa diaplikasi untuk mobil berbahan bakar bensin maupun diesel.

Body Wrap

Dalam remapping ada beberapa langkah yang dilakukan oleh tuner spesialisnya. Pertama melakukan identifikasi ECU, pasalnya beberapa mobil  ada yang dilengkapi tuning protection atau sistem keamanan agar ECU tidak bisa dimodifikasi. Tapi tenang, meski dilengkapi proteksi, tuning tools tetap bisa mengambil data pada ECU.

Oh ya, pengambilan data pada ECU bisa dilakukan via port OBD yang disambung ke notebook. Sementara ada juga beberapa mobil yang mau tidak mau ECU-nya diangkat, karena pengambilan data tidak bisa va slot OBD. Selanjutnya mengirim file ECU standar ke tuner remapping untuk proses tuning. Tunggu 3-4 jam, file yang telah di-tuning dikirim kembali oleh tuner, dan bisa langsung di-install kembali file ke ECU dan lakukan prosesi test drive.